Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Ini Sebab Terjadinya Penularan di Klaster Perkantoran

Topcareer.id-Tak bisa dipungkiri, virus corona memang bisa menyerang siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Hal inipun membuat sejumlah tempat menjadi klaster-klaster baru penyebaran covid-19.

Menurut Ketua tim Pakar dan juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito perkantoran menjadi salah satu tempat yang kini menjadi perhatian baik pemerintah dan masyarakat karena dianggap menjadi tempat yang rentan menularkan virus corona.

Dalam konferensi pers yang dilakukan di Graha BNPB, Jakarta, pada Jumat (7/8/2020), Wiku mengatakan bahwa munculnya klaster perkantoran itu sendiri dapat berasal dari pemukiman atau bahkan dalam perjalanan menuju kantor.

Baca Juga: Yuri: Covid-19 Merajalela di Perkantoran

“Sebenernya orang yang berkantor itu kan asalnya dari rumah, dari pemukiman, jadi pastinya di pemukiman juga pasti ada klaster kalo di kantor ada klaster dan itu mereka bisa tertularnya bisa di tempat perumahannya atau di rumah atau di dalam perjalanannya menuju kantor,” ujarnya.

Untuk mencegah hadirnya klaster baru Covid-19, Wiku menjelaskan langkah-langkah menerapkan protokol kesehatan di dalam ruangan kantor, di antaranya memperhatikan jumlah orang dengan menyesuaikan ukuran ruangan, mematikan pendingin ruangan, menjaga sirkulasi ruangan, serta tidak berlama-lama berada di ruangan.

“Maka dari itu disarankan sebaiknya kalau rapat atau berkantor itu tidak terlalu lama di dalam satu ruangan yang tertutup dan buat adaptasi kebiasaan baru dalam menggunakan lift,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wiku juga menegaskan, jika perkantoran yang telah menjadi klaster penyebaran Covid-19 hanya bisa dibuka kembali setelah prosedur keselamatan sudah dijalankan.**(RW)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply