Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Setelah 35 Tahun, Toshiba Mundur Dari Bisnis Penjualan Laptop

Topcareer.id – Toshiba kini bergabung dengan jajaran raksasa teknologi Jepang yang telah mundur dari industri PC. Gizmodo melaporkan bahwa Toshiba diam-diam telah menjual sisa 19,9 persen sahamnya di merek laptop Dynabook ke Sharp, dan secara resmi keluar dari bisnis laptop serta PC pada umumnya.

Perusahaan ini sudah lama tidak menjadi nama besar di PC setelah menjual 80,1 persen saham ke Sharp pada 2018 lalu, dan sekarang menjadi akhir dari bab 35 tahun sejarah perusahaan dalam menjalankan bisnis laptop.

Perusahaan ini adalah pelopor dalam ruang komputer portabel, seperti yang dijelaskan oleh Computer World. T1100-nya dari tahun 1985 secara luas dianggap sebagai komputer laptop utama pertama, dan menetapkan template desain untuk portabel yang tidak banyak berubah sampai lini PowerBook Apple tiba pada tahun 1991.

Toshiba berkembang pesat di tahun 1990-an dan 2000-an dengan lini Satellite, Portégé dan Qosmio.

Tidak diketahui secara pasti apa yang mendorong penurunan penjualan Toshiba, meskipun ada sejumlah faktor yang mungkin menjadi penyebabnya.

Pertaruhan Toshiba pada HD DVD berujung gagal dan tidak membantu menghasilkan laptop yang berpusat pada media. Fitur utama HD DVD menjadi tidak berguna setelah kehadiran Blu-ray dan streaming mengambil alih.

Seperti yang diamati The Register, saingan seperti Apple, Dell, dan Lenovo juga mengalahkan Toshiba dalam permainannya sendiri dengan ultraportable seperti seri MacBook Air dan XPS, ditambah pasar PC yang menyusut dan persaingan ketat di pasar di mana tidak ada banyak uang untuk siapa pun, kecuali pesaing terbesar.

Toshiba masih menjadi nama utama dalam komputasi melalui kategori seperti media pencetakan dan penyimpanan, serta memiliki nama dalam kategori seperti bidang energi dan ritel.

Merek Dynabook akan terus hidup dalam hal ini. Namun, ini adalah momen yang menyedihkan, apa pun pendapat orang tentang produknya, Toshiba adalah andalan dalam lanskap komputasi pribadi.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply