Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Haruskah Menyertakan Blog ke Dalam Resume?

Topcareer.id – Di era ini, banyak orang memiliki blog tentang kehidupan, minat pribadi, dan topik lainnya seperti kesehatan, memasak, keuangan, fashion, dan lain-lain. Nge-blog biasanya bukan pekerjaan utama seseorang, tapi pertanyaan yang muncul “Perlukah menyertakan blog dalam resume saya?”

Di satu sisi, sudah pasti mengesankan bila kamu memiliki dan mempertahankannya (punya pembaca yang banyak). Tetapi di sisi lain, kamu mungkin terlihat tidak 100% memengaruhi di pekerjaan (utama) lainnya.

Profesional pengembangan karier, Jaime Petkanics memberikan pedoman kapan kamu harus memasukkan blog pribadi ke dalam resume-mu, dikutip dari The Ladders.

Baca Juga: Haruskah Memasukkan IPK ke dalam Resume?

Sertakan blog di resume jika:

Presentasi keseluruhan, pemformatan, tema tampil sebagai profesional dan dipoles.

Bahkan jika seseorang tidak membaca satu kata pun, hal seperti itu akan berpengaruh. Jika kamu memulai blog setahun yang lalu dan masih belum sempat melakukan branding, kamu mungkin perlu berpikir dua kali. Kesan pertama hanya berdasarkan penampilan saja sudah sangat penting.

Konten tersebut sebagian besar diarahkan pada topik atau tema dan kamu berpengetahuan luas di bidang tersebut.

Kamu memiliki pengikut yang terbukti menganggapmu sebagai “ahli” tentang topik yang kamu buat di blog.

Pemirsa itu sendiri tidak begitu penting. Namun, memiliki pembaca yang selalu mengikuti adalah pemeriksaan mendalam yang dapat menunjukkan apakah pewawancara atau peninjau resume juga akan menemukan dirimu sebagai sumber yang dapat diandalkan.

Kamu telah mengerjakan blog untuk waktu yang lama

Menampilkan blog yang kamu mulai minggu lalu tidak akan memiliki jumlah konten yang mengesankan dan belum tentu menunjukkan dedikasinya. Tunggu untuk memasukkan blogmu sampai kamu tahu bahwa kamu akan menggunakannya untuk jangka panjang.

Itu membuatmu menjadi kandidat yang lebih kuat untuk pekerjaan yang kamu lamar

Jika blog-mu terkait dengan pekerjaan yang kamu lamar, seperti penulis (dan memenuhi kriteria lain) kemungkinan akan membuatmu menjadi kandidat yang lebih kuat.**(RW)

Leave a Reply