Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 18, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Bersama PTPN, Perhutani Lakukan Agroforestry Tanaman Tebu

Dok/Perhutani

Topcareer.id – Perum Perhutani bersinergi dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN), telah melakukan kerjasama Agroforestry tanaman tebu yang dimulai sejak tahun 2017. Hal ini dilakukan guna mendukung program Pemerintah di bidang Ketahanan Pangan dalam hal swasembada gula.

Kerjasama tersebut dilakukan di wilayah kerja Perhutani yang meliputi Divisi Regional (Divreg) Jawa Tengah dan Jawa Timur dengan rencana luas 8.578,85 hektare.

Menurut Sekretaris Perusahan Perum Perhutani, Asep Rusnandar, keluasan Agroforestry tanaman tebu yang telah ditanam saat ini telah mencapai 864,85 hektare. Sementara sisanya, masih dalam proses pelaksanaan.

Asep menambahkan, Penanaman di Divreg Jawa Tengah saat ini seluas 108.91 hektare, Divreg Jawa Timur 755,94 hektare, sedangkan untuk Divre Jawa Barat dan Banten belum àda kerjasama penanaman tebu.

“Tidak semua Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) yang ada di masing-masing Divreg, dilakukan kerjasama tanaman tebu, hanya ada beberapa KPH saja, sesuai hasil analisa bersama dengan PTPN karena tidak semua wilayah cocok ditanami tebu,” ujar Asep dalam keterangan tertulis, Kamis (13/8/2020).

Dalam pelaksanaan kerjasama ini, masyarakat sekitar hutan yang tergabung pada Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH)/Kelompok Tani Hutan juga turut dilibatkan, terutama dalam kegiatan pengamanan tanaman.

“Kerjasama ini selain menghasilkan profit untuk Perhutani dan PTPN, masyarakat juga mendapatkan keuntungan dari hasil sharing Dana Pemanfaatan Hutan (DPH)” tutupnya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply