Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, September 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Teknik Mendengar yang Efektif Saat Rapat

Topcareer.id – Rapat di tempat kerja dan laporan proyek berisi banyak informasi yang membutuhkan pemahaman dan interpretasi. Peserta rapat tentunya membutuhkan keterampilan mendengarkan yang dikembangkan dengan baik agar efektif.

Gunakanlah beberapa teknik mendengarkan aktif yang berfokus pada partisipasi dan pemahaman untuk memastikan kamu bisa mendapatkan poin terpenting dari rapat dan laporan proyek.

Berikut ini beberapa teknik mendengarkan yang efektif saat meeting:

Fokus pada speaker
Rapat dan laporan proyek selalu memiliki gangguan kecil yang dapat mengurangi rentang perhatianmu. Misalnya, ponsel yang bergetar dapat mengalihkan perhatian hingga melewatkan poin penting. Hindari gangguan dengan tempatkan semua fokus kamu pada pembicara. Lakukan kontak mata dan hadapi pembicara secara langsung.

Baca Juga: Rapat di Kantor Berisiko Tularkan Covid-19, Ini Solusinya

Lihatlah bahasa tubuh
Seperti kata-kata, bahasa tubuh memainkan peran kunci dalam komunikasi. Perhatikan postur dan isyarat tangan pembicara untuk menentukan emosi dan penekanan. Suatu poin mungkin tampak tidak penting sampai kamu memperhatikan gerakan tegas pembicara.

Minta klarifikasi dengan mengucapkan ulang
Berpartisipasilah selama pertemuan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan tajam. Ajukan pertanyaan kamu dengan mengulang poin utama. Pengulangan memberimu kesempatan lain untuk membahas pokok bahasan sebelum pembicara menjelaskan. Selain itu, menghadiri rapat dengan harapan akan mengajukan pertanyaan memberimu semangat untuk mendengarkan dengan cermat.

Fokus pada gambaran keseluruhan
Rapat dan laporan proyek berisi gagasan utama dan detail. Sayangnya, hal detail dapat mengalihkan perhatian dari keseluruhan gambar. Bawalah buku catatan dan pena selama rapat dan tuliskan ide-ide utama yang muncul selama kamu mendengarkan pembicara. Ini membuat kamu tetap fokus pada tujuan rapat secara keseluruhan jika kamu menemukan hal detail yang sulit dipahami.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply