TopCareerID

Waduh, Lapisan Es di Greenland Cair Lebih Cepat dari Biasanya

Dok/ABC News

Topcareer.id – Lapisan es di Greenland kehilangan sejumlah massa yang tercatat tahun lalu, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Kamis (20/8/2020). Temuan ini dapat mendorong para ilmuwan untuk mendefinisikan kembali skenario terburuk mereka saat menilai efek perubahan iklim.

Sebelumnya, laju kehilangan es telah melambat selama periode dua tahun di tengah musim panas yang lebih sejuk dan hujan salju yang lebih tinggi di Greenland barat hingga 2018.

Namun tahun lalu, saat udara hangat mengalir ke utara dari garis lintang yang lebih rendah, pulau yang membeku itu mengalami rekor kehilangan massa esnya. Hal ini diungkapkan geoscientist dan glaciologist Ingo Sasgen dari Alfred Wegener Institute di Jerman.

Bahkan, massa yang hilang tercatat mencapai 532 gigaton es, setara dengan sekitar 66 ton es untuk setiap orang di Bumi, di mana 15 persen lebih banyak dari rekor sebelumnya pada tahun 2012.

Pencairan es di Greenland menjadi perhatian khusus, karena lapisan es purba menyimpan cukup air untuk menaikkan permukaan laut ,setidaknya 6m jika mencair seluruhnya.

Studi tersebut menambah bukti bahwa lapisan es Greenland mencair lebih cepat daripada yang diantisipasi di tengah pemanasan iklim.

Studi lain minggu lalu menunjukkan pulau itu tidak lagi mendapatkan hujan salju tahunan yang cukup untuk menggantikan es yang hilang karena mencair dan melahirkan gletser.

“Kemungkinan kita berada di jalur kenaikan permukaan laut yang lebih cepat. Lebih banyak mencairnya lapisan es tidak diimbangi dengan periode ketika kita mengalami hujan salju yang ekstrim,” kata Sasgen kepada Reuters.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Communications Earth & Environment, menggunakan data yang dikumpulkan oleh satelit terhadap gaya gravitasi massa es, yang dapat digunakan para ilmuwan untuk menghitung berapa banyak salju dan es yang terkunci di dalamnya.

Studi ini membantu para ilmuwan memperbaiki proyeksi mereka tentang bagaimana perubahan iklim akan berdampak pada Arktik, dan seberapa cepat. “Selalu menyedihkan melihat rekor baru,” kata Sasgen.

 “Sulit untuk mengatakan apakah pola (cuaca) ini akan menjadi normal baru, dan pola mana yang akan terjadi dengan frekuensi yang mana,” kata Sasgen.

Kutub Utara telah memanas setidaknya dua kali lebih cepat dari bagian dunia lainnya selama 30 tahun terakhir. Ini diakibatkan jumlah gas rumah kaca yang terkumpul di atmosfer terus meningkat. Pemanasan itu juga mempengaruhi es laut Arktik, yang menyusut ke tingkat terendah Juli ini dalam 40 tahun pencatatan.

“(Mengenai nasib Greenland) Saya berpendapat bahwa kita telah berada dalam kondisi normal baru selama beberapa dekade terakhir dalam percepatan kehilangan massa,” kata Laura Andrews, ahli glasiologi di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA yang tidak terlibat dalam studi baru ini.

Jika laju kehilangan es yang dialami pada 2019 terus berlanjut, dampak tahunan pada permukaan laut dapat menyebabkan peningkatan banjir pesisir yang memengaruhi hingga 30 juta lebih orang setiap tahun pada akhir abad ini, kata Andrew Shepherd, seorang ilmuwan kutub di University of Leeds yang berspesialisasi dalam pengamatan lapisan es.**(Feb)

Exit mobile version