Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Waduh, Lapisan Es di Greenland Cair Lebih Cepat dari Biasanya

Dok/ABC News

Topcareer.id – Lapisan es di Greenland kehilangan sejumlah massa yang tercatat tahun lalu, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Kamis (20/8/2020). Temuan ini dapat mendorong para ilmuwan untuk mendefinisikan kembali skenario terburuk mereka saat menilai efek perubahan iklim.

Sebelumnya, laju kehilangan es telah melambat selama periode dua tahun di tengah musim panas yang lebih sejuk dan hujan salju yang lebih tinggi di Greenland barat hingga 2018.

Namun tahun lalu, saat udara hangat mengalir ke utara dari garis lintang yang lebih rendah, pulau yang membeku itu mengalami rekor kehilangan massa esnya. Hal ini diungkapkan geoscientist dan glaciologist Ingo Sasgen dari Alfred Wegener Institute di Jerman.

Bahkan, massa yang hilang tercatat mencapai 532 gigaton es, setara dengan sekitar 66 ton es untuk setiap orang di Bumi, di mana 15 persen lebih banyak dari rekor sebelumnya pada tahun 2012.

Pencairan es di Greenland menjadi perhatian khusus, karena lapisan es purba menyimpan cukup air untuk menaikkan permukaan laut ,setidaknya 6m jika mencair seluruhnya.

Studi tersebut menambah bukti bahwa lapisan es Greenland mencair lebih cepat daripada yang diantisipasi di tengah pemanasan iklim.

Leave a Reply