Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Empat Cara Tingkatkan Kualitas Suara Saat Meeting Video

Ilustrasi. (dok. Pinterest)

Topcareer.id – Ketika meeting dilakukan lewat video atau secara virtual, suara menjadi hal paling penting diperhatikan selama berlangsungnya pertemuan. Cobalah tingkatkan kualitas suara agar meeting berjalan lancar.

Carmine Gallo, pembawa berita dan jurnalis Amerika memberikan sarannya bagaimana membuat kesan yang kuat bagi pendengarmu saat melakukan pertemuan virtual, seperti dalam laman Inc.

1. Berbicara perlahan

Peneliti menemukan bahwa dalam percakapan biasa kita berbicara agak cepat, 170 kata per menit dan lebih tinggi. Tetapi komunikator yang hebat mengubah kecepatan bicara mereka untuk memenuhi persyaratan saat itu. Mereka sering memperlambatnya.

 “Salah satu cara untuk menjaga pemirsa tetap terlibat adalah dengan memperlambat kecepatan penyampaian vokalmu. Saya cenderung berbicara cepat dalam percakapan alami, tetapi audio adalah media yang berbeda. Pendengar yang hanya berkonsentrasi pada suaramu akan kehilangan poin-poin penting dan kurang mengingat jika ide disampaikan terlalu cepat,” tulis Gallo.

Baca Juga: Sering Kehilangan Fokus Saat Rapat Virtual? Ini Tips Mengatasinya

Temukan kecepatan yang tepat untukmu. Jangan terlalu melambat hingga membuat audiens tertidur, tetapi kemungkinan pidato percakapanmu terlalu cepat untuk rapat virtual. “Saya telah menemukan bahwa kecepatan bicara 140 kata per menit bekerja dengan baik untuk saya pada presentasi virtual.”

2. Jeda

Salah satu cara untuk memperlambat kecepatan pengiriman suaramu adalah dengan berhenti setelah menerima pesan utama. Biarkan kata-kata itu meresap. Saat kita terburu-buru dalam presentasi, kita cenderung menggunakan kata-kata pengisi seperti ‘um’ dan ‘ah’ untuk mengisi ruang. Gunakan diam sebagai taktik. Tidak ada yang lebih dramatis daripada jeda yang ditempatkan dengan baik.

3. Ucapkan setiap kata dengan jelas

“Saya biasa memotong akhir kata-kata saya sampai saya belajar untuk menghentikannya. Itu adalah kebiasaan yang kebanyakan kita lakukan dalam percakapan biasa,” kata Gallo.

Itu menjadi masalah nyata dalam pertemuan virtual ketika sulit untuk mendengar setiap kata dengan jelas.

 4. Gunakan mikrofon berkualitas tinggi

Jika mikrofon internal di komputer tidak terlalu bagus, beli headset atau mikrofon USB.  Software obrolan video memampatkan audio sebagai hal penting, semakin tinggi kualitasnya, semakin baik suaramu bagi pendengar.**(RW)

Leave a Reply