Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Hapus 10 Kemampuan Usang Ini di Resume Kamu (Bagian 1)

Ilustrasi. Sumber foto: PixabayIlustrasi. Sumber foto: Pixabay

Topcareer.id – Apakah kamu masih meletakkan kemampuan Microsoft Office di resume atau CV saat melamar kerja? Meski dulu ini merupakan keahlian istimewa yang paling diharapkan dari kandidat, tapi sekarang sudah tak perlu lagi. Ya, karena kemampuan ini tertanam di kehidupan sehari-hari.

Kamu mungkin perlu cek ulang, keterampilan mana yang sudah usang dan tak layak lagi dicantumkan dalam CV atau resume-mu. 

Berikut beberapa keterampilan yang tak perlu kamu letakkan di resume, berdasar laman The Ladders.

Bagian pertama dari artikel.

Kecepatan mengetik

Meskipun mengetik masih merupakan keterampilan yang perlu kamu miliki, kecepatan mengetik (atau bahkan fakta bahwa kamu tahu caranya) tidak perlu dicantumkan di resume. Tentu, kemampuan untuk mengetik sejumlah kata per menit bisa dicantumkan, tetapi itu biasanya untuk posisi khusus seperti reporter pengadilan atau transcriptionist.

Semakin tinggi dirimu menaiki tangga perusahaan, kecepatan dan keakuratan dalam mengetik akan menjadi keterampilan yang diasumsikan, sehingga, kecepatan mengetik menjadi semakin tidak relevan.

Microsoft Office (atau aplikasi standar serupa)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, mengetahui cara mengoperasikan dokumen Word atau menavigasi spreadsheet sekarang lebih masuk dalam pengetahuan umum daripada keterampilan khusus. Mungkin kamu tergoda untuk terus mencantumkan kemahiran ini di resume, tetapi itu adalah informasi yang sudah ketinggalan zaman pada saat ini.

Faks

Sudah lama sekali kamu tidak harus mengirim faks sebenarnya pada mesin faks. Dengan munculnya faks digital dan popularitas transfer dokumen melalui email, mengetahui cara mengirim faks adalah keterampilan yang sudah ketinggalan zaman.

Selain itu, jika kamu benar-benar perlu mengirimkan sesuatu melalui faks dengan mesin faks, kamu mungkin lebih dari mampu untuk mencari di Google cara melakukannya.

Penelitian (research)

Saat ini, kecuali jika kamu mencari pekerjaan yang secara khusus membutuhkan penelitian di atas dan di luar penelusuran web sederhana, contohnya penelitian akademis, kamu tidak perlu mencantumkan penelitian sebagai keahlian di resume saat melamar pekerjaan.

Telepon

Mengoperasikan sistem telepon multi-jalur dulunya adalah sesuatu yang dicari oleh pemberi kerja. Itu dianggap sebagai keterampilan sejati untuk mengelola banyak jalur dan mentransfer panggilan.

Saat ini, sistem digital membuat seluruh proses ini jauh lebih mudah, dan secara umum diterima bahwa jika kamu melamar pekerjaan apa pun, kamu tahu cara menggunakan telepon. Ini jelas merupakan keterampilan yang tak perlu diletakkan di resume.**(Feb)

Leave a Reply