Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Mengenal Perfect Pitch, dan Cara Kerjanya

Ilustrasi. Sumber foto: staticflickrIlustrasi. Sumber foto: staticflickr

Topcareer.id – Banyak musisi dan penyanyi yang sukses memiliki pitch yang sempurna atau perfect pitch. Jadi apa itu sebenarnya? Bagaimana kamu bisa tahu apakah memiliki pitch perfect atau tidak? Berikut beberapa informasi lebih lanjut tentang fenomena menarik ini.

Apa itu Perfect Pitch?
Nada sempurna, atau nada mutlak, adalah kemampuan untuk mengidentifikasi nada tanpa catatan referensi apapun. Orang-orang yang memiliki fenomena pitch perfect ini biasanya mampu mengenali dan menciptakan nada-nada dengan sempurna. Mereka tidak harus berusaha keras untuk mengenali nada dan mereka tidak membutuhkan orang lain untuk memainkan nada sebelumnya.

Mereka juga dapat mengidentifikasi nada kunci dari lagu-lagu tertentu, dan mengidentifikasi not apa yang sedang diputar. Orang-orang dengan pitch perfect ini cenderung unggul dalam mempelajari lagu-lagu. Jumlah orang yang memiliki pitch perfect ini tidak banyak.

Kamu dapat mengidentifikasi orang dengan keterampilan fenomenal ini dengan menguji kemampuan mereka untuk:

  • Menebak kunci musik yang dimainkan tanpa melihat referensi apapun
  • Nyanyikan nada apa saja sesuai permintaan
  • Tebak nada klakson mobil dan alarm tertentu
  • Identifikasi nada apa yang dimainkan pada instrumen apa pun

Perfect pitch adalah kemampuan yang langka, dan kebanyakan orang dengan keterampilan ini memang murni dilahirkan dengan bakat fenomenal ini.

Sementara beberapa orang berpendapat bahwa perfect pitch dapat dipelajari saat orang telah dewasa, sebagian yang lain mengklaim bahwa perfect pitch diperoleh saat lahir atau dipelajari saat masih anak-anak. Belum ada kasus yang pasti tentang orang dewasa yang memiliki perfect pitch, meskipun pelatihan dan latihan dapat membantunya pandai dalam mengidentifikasi nada.

Satu studi menunjukkan bahwa anak-anak dengan autisme atau sindrom Williams memiliki tingkat perfect pitch yang lebih tinggi di antara yang tidak. Orang yang lahir dengan hipoplasia saraf optik yang menyebabkan kebutaan juga memiliki tingkat perfect pitch yang lebih tinggi. Mereka yang memiliki sinestesia juga memiliki tingkat perfect pitch yang tinggi, karena mereka sering mengidentifikasi nada tertentu dengan perasaan, warna, emosi, tekstur, dll.

Bagaimana bisa mendapatkan perfect pitch?
Seperti disebutkan di atas, tidak ada kasus orang dewasa yang bisa mendapatkan fenomena perfect pitch.

Sementara anak-anak yang dilatih sejak usia dini kadang-kadang dapat memiliki kemampuan ini, orang dewasa yang dilatih khusus tidak akan pernah mencapai tingkat kemampuan bawaan pemilik perfect pitch alami.

Namun, hal ini jangan sampai menjadikan sesuatu yang menghentikan kamu yang senang musik dan bernyanyi dari mengasah kemampuan untuk mengidentifikasi nada.

Orang dengan perfect pitch juga tidak selalu memiliki kemampuan yang sempurna. Sebagai contoh, mereka yang memiliki pitch perfect membuat pendengaran mereka sangat sensitif terhadap harmonisasi nada.

Sepotong saja nada yang sedikit tidak selaras (seperti lagu yang di-cover dan diubah sedikit nadanya), akan terdengar sangat “salah” bagi mereka, sehingga menyulitkan mereka untuk bermain atau bernyanyi bersama.

Nah, sudah paham kan sekarang dengan cara kerja perfect pitch, apakah kamu memilikinya?**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply