Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, September 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Agar Terlihat Menyakinkan Saat Interview Video, Jangan Pakai Baju Warna Ini

Ilustrasi. (dok. Built in)

Topcareer.id – Meski saat ini zamannya meeting dan interview kerja lewat video, bukan berarti menyepelekan pakaian yang dikenakan. Apalagi pewawancara atau rekan kerja meeting melihat bagian atas tubuhmu. Pilihlah pakaian yang tepat dengan warna yang bisa menunjang kepribadianmu.

Apa ada warna tidak boleh dikenakan saat panggilan Zoom? Apakah ada warna yang justru akan menghancurkan peluangmu?

Warna yang membuatmu terlihat tidak dapat dipercaya

Mengutip The Ladders, menurut survei Kuantifikasi Komunikasi baru terhadap 465 pria dan wanita dari April 2020, peserta diminta untuk menilai warna dan gaya orang di video call. Mereka ditanyai warna dan jenis pakaian apa yang membuat pembicara tampak otentik, dapat dipercaya, dan kreatif.

Baca Juga: Tujuh Bahasa Tubuh yang Perlu Diperhatikan Saat Wawancara Video

Nah, jika kamu ingin tampil terpercaya, warna-warna terang bukanlah yang terbaik. Ini semua tentang warna netral. Lima puluh enam persen mengatakan mereka menemukan warna netral untuk membuat orang tersebut terlihat otentik dan 74% membuat mereka tampak seperti seorang ahli. Hampir 50% mengatakan warna netral membuat orang tersebut tampak dapat dipercaya.

Warna-warna cerah hanya dinilai membuat orang tersebut terlihat 30% otentik, 36% dapat dipercaya dan hanya 18% yang mengatakan bahwa mereka tampak seperti seorang ahli. Dan hanya 8% yang mengatakan atasan bermotif membuat orang tersebut terlihat seperti seorang ahli.  Jadi intinya adalah pilih atasan putih atau abu-abu untuk wawancara.

Gaya yang membuatmu terlihat lebih bisa dipercaya

Terkait gaya, bisnis kasual adalah cara yang tepat. Empat puluh enam persen mengatakan bahwa gaya membuat orang terlihat paling autentik sementara bisnis formal masuk pada 27% dan hanya kasual masuk pada 26%. Dan lebih dari 50% mengatakan bisnis kasual membuat orang tersebut terlihat lebih inovatif.

Jika kamu muncul dalam wawancara kerja atau rapat Zoom dengan setelan jas, 67% orang akan menganggapmu sebagai ahli. Mungkin simpan pakaian yang lebih formal untuk wawancara panel.

Namun perlu dicatat bahwa warna dengan corak biru, hijau, ungu, magenta, oranye, dan kuning semuanya baik di layar, tetapi kamu harus benar-benar mempertimbangkan apa latar belakangmu. Misalnya, jika kamu memilih untuk memakai warna hijau, itu tidak akan berfungsi di depan layar hijau.**(RW)

Leave a Reply