Topcareer.id – Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 Bank Indonesia seri I yang digelar pada 28-30 Agustus 2020 lalu mencatat omzet penjualan produk UMKM yang terdiri dari kain, kerajinan, makanan dan minuman sebesar Rp4,86 miliar.
Dalam KKI 2020 Virtual Seri I juga dilakukan one-on-one meeting yang berhasil mempertemukan 31 UMKM dengan 16 pembeli potensial (potential buyers) dari Singapura, Italia, Korea Selatan, Jepang, China, dan Australia serta agregator dari Indonesia.
Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko menyampaikan,selama periode setelah KKI 2019 hingga KKI 2020 Virtual Seri I diselenggarakan, BI mencatat kenaikan nilai kesepakatan bisnis (penjualan ekspor, pembiayaan, penjualan melalui ecommerce) sebesar 54% dibandingkan periode sebelumnya.
Baca Juga: 5 Kunci Digitalisasi UMKM Biar Bisa Naik Kelas
“Komitmen nilai kesepakatan bisnis sebesar Rp113,2 miliar antara 328 UMKM dengan para mitra bisnis ini disertai penandatanganan kontrak ekspor dan akad kredit UMKM dengan lembaga keuangan,” kata Onny dalam siaran pers, Kamis (3/9/2020)
“Berbagai pencapaian KKI Seri I ini diharapkan mampu mendorong transformasi digital UMKM dan menjadikan UMKM sebagai sumber kekuatan baru perekonomian nasional untuk Indonesia maju,” ujarnya.
Diselenggarakan secara virtual, jumlah pengunjung KKI di berbagai kanal (baik melalui Zoom, Platform KKI, Youtube, Instagram, dan Facebook), baik untuk menyaksikan kegiatan aktivasi, maupun pameran, mencapai 28.545 orang.
KKI merupakan rangkaian event tahunan yang menampilkan produk-produk UMKM Binaan BI, dengan bersinergi bersama Kementerian/Lembaga dalam pengembangan UMKM. BI akan kembali menggelar KKI Seri II Sinergi untuk UMKM Digital di bulan Oktober dan seri III Sinergi UMKM untuk Sahabat Milenial di bulan November.
Dalam hal masyarakat ingin melihat produk UMKM Binaan BI, BI tetap menyediakan menu katalog pada website KKI www.karyakreatifindonesia.co.id.**(RW)