Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tak Kalah dengan Bromton, Sepeda Buatan Indonesia Ini Bakal Dipakai di Ajang Piala Dunia 2022

Sepeda Kreuz

Topcareer.id -Di tengah pandemi ini, bersepeda memang menjadi olahraga yang tengah digemari oleh berbagai kalangan. Bahkan menurut pedagang sepeda, penjualan transportasi roda dua ini naik hingga 100 kali lipat.

Dari sinilah orang-orang mulai melirik sepeda lipat, terutama sepeda asal Inggris, Bromton karena dianggap fashionable, efesien dan mudah dibawa.

Padahal di negeri sendiri, tangan-tangan terampil anak Bandung melahirkan sebuah sepeda dengan merk ‘Kreuz’ yang tidak kalah bagusnya dengan sepeda dari negara lainnya.

Yang lebih membanggakan lagi, sepeda Kreuz ini sendiri sudah pernah dipakai orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo dan berhasil didaftarkan menjadi salah satu sepeda yang akan digunakan sebagai transportasi pada Piala Dunia di Qatar tahun 2022 nanti.

Baca Juga: Wow, Saking Kuatnya Kunci Sepeda Ini Tidak Bisa Dipotong dengan Alat Apapun

Dikutip dari website Kemenpora Senin (7/9/2020), salah satu pemilik Kreuz Jujun Junaedi pun menceritakan bagaimana awal mula perjalanan dia bersama Yudi Yudiantara membuat sepeda Kreuz.

“Awalnya sama sekali tidak terbesit untuk membuat sepeda, justru awal tahun 2018 kami memulai usaha dengan membuat tas sepeda,” ungkapnya.

Tas sepeda itulah yang membawa mereka ke pameran produk sepeda di Jakarta, hingga seluruh stand pameran memasang produk tasnya jadi satu dengan sepeda asal Inggris itu.

Dari situ, anak bandung yang berlatar sebagai tukang jahit baju ini tergugah untuk membuat sepeda bikinan sendiri, dengan modal nekat dan apa adanya.

“Peralatan yang dia gunakan hampir semua manual, bahkan untuk membuat tekukan kerangka sepeda sendiri, jadi sempat mengalami kegagalan sampai tujuh kali. Tapi alhamdulilah sepeda pertama yang kami bikin berhasil dan banyak mendapat respon positif dari masyarakat,” tambahnya.

Jujun pun berharap sepeda Kreuz bisa lebih berkembang lagi dan bisa membawa produk dalam negeri ke pentas dunia.

Sebelumnya diketahui nama Kruez sendiri memiliki dua arti dari bahasa sunda yakni kareueus yang artinya kebanggaan, dan bisa juga sebagai singkatan dari Kreasi Urang (Orang).**(RW)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply