Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, November 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Senam Ergonomik, Mudah dan Manfaatnya Besar

Topcareer.id – Sudah pernah dengar senam ergonomik? Ya, senam yang merupakan derivasi dari gerakan sholat ini ternyata memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan lho.

“Senam ini simple dan sempurna karena gerakannya sesuai dengan kaidah-kaidah penciptaan tubuh dan merujuk pada gerakan sholat saja,” ujar pemegang Hak Cipta Senam Ergonomik & Pijat Getar Saraf, Madyo Wratsongko kepada Topcareer.id, belum lama ini.

Adapun 5 gerakan dimaksud, antara lain:

Lapang dada
Gerakan pertama ini berkhasiat bagi penderita asma, gejala jantung koroner dan stres. Caranya yakni berdiri tegak dengan dua lengan diputar ke belakang semaksimal mungkin. Saat dua lengan di atas kepala, pastikan posisi kakimu jinjit.

Tunduk Syukur
Gerakan yang terbentuk dari posisi rukuk ini mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti migran, pembengkakan tulang, dan menghindarkan diri dari berbagai penyakit yang menyerang ruas tulang punggung belakang.

Gerakan ini dilakukan dengan cara berdiri tegak sembari menarik napas dalam secara rileks, lalu tahan napas sambil membungkukkan badan ke depan, dengan tangan berpegangan pada pergelangan kaki, sampai punggung terasa tertarik.

Selanjutkan, arahkan wajah menengadah sampai terasa tegang. Kemudian lepaskan napas secara perlahan dan lakukan dengan rileks.

Duduk Perkasa
Gerakan duduk perkasa ini merupakan stimulator bagi fungsi vital sistem organ tubuh, mendetoksifikasi material dalam tubuh, serta mengatasi kolesterol hingga keluhan keperkasaan.

Untuk memulai gerakan ini, kamu harus menarik napas dalam-dalam lalu tahan sambil membungkukkan badan ke depan dengan dua tangan bertumpu pada paha. Saat posisi membungkuk ini, usahakan agar bagian bokong tidak sampai menungging.

Duduk Pembakaran
Sama dengan namanya, gerakan ini memungkinkan kita melakukan pembakaran racun-racun yang ada di dalam tubuh dan menormalkan kadar gula darah, asam urat, serta kolesterol.

Untuk melakukannya, posisikan tubuh kita ke duduk perkasa. Kemudian taruh telapak tangan di pangkal paha dengan tumit menempel dengan bagian bokong. Kemudian, angkat bokong dan titik beratkan di dengkul. Jika sudah, buka telapak kaki dan tempelkan bokong ke lantai.

Berbaring Pasrah
Terakhir, adalah gerakan berbaring pasrah, di mana gerakan ini bermanfaat untuk melangsingkan tubuh, menstabilkan berat badan, dan bisa mengatasi segala macam kesakitan sebelum menstruasi.

Caranya, pada posisi Duduk Pembakaran, arahkan punggung menyentuh lantai dengan dua lengan lurus di atas kepala. Tarik napas dengan perut mengecil, lalu rilekskan.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply