TopCareerID

Stop Malas-malasan! 15 Cara Ini Bisa Pulihkan Motivasimu (Bagian 1)

Ilustrasi. (dok. Killer Innovation podcast)

Topcareer.id – Rasa malas sesekali memang menyenangkan untuk diamini. Tapi kalau terus-terusan, itu akan membuatmu kehilangan banyak hal. Dan itu enggak bagus untuk karier dan hidup kamu, lho.

Karena itu, yuk mulai kembali pulihkan motivasimu kewat 15 langkah sederhana dari Lifehack ini. Semoga ke depannya, tanpa rasa malas, kamu akan semakin mudah untuk meraih sukses.

Bagian pertama dari tulisan.

Jangan marah kalau dibilang malas
Kamu enggak akan bisa berubah kalau kamu belum mau menerima kenyataan bahwa selama ini kamu telah bermalas-malasan. Cobalah berhenti menyangkal, lalu intropeksi tentang apa saja yang sudah kamu lewatkan akibat kemalasan kamu itu. Setelah melakukan ini, maka kamu siap untuk maju ke langkah berikutnya.

Cari sumber kemalasan dan berkurangnya motivasi kamu
Ini adalah langkah yang penuh tantangan, tapi sangat penting untuk bisa menyingkirkan kemalasan dari hidup kamu. Ingat, ada pola untuk menemukan ini. Sebagai contoh, jika kamu bermalas-malasan karena tak memiliki tantangan dalam pekerjaan yang kamu kerjakan sehari-hari. Maka, kamu pun langsung tahu apa yang harus kamu lakukan.

Ubah rutinitas
Rutinitas sama dan berulang bisa jadi alasan di balik lahirnya kemalasan. Kalau ini adalah masalahnya, mulailah ubah rutinitasmu secara perlahan. Kamu bisa mulai melakukannya dengan pindah meja kerja, merubah penampilan, atau menambahkan kegiatan baru dalam jadwalmu.

Buat target yang lebih rasional
Memiliki goals yang tinggi dalam hidup memang bagus. Tapi, kalau terlalu tinggi dan mengintimidasi, hal-hal itu hanya akan membuatmu merasa malas untuk melakukannya. Oleh karena itu, cobalah bikin target yang lebih rasional dan tidak terlalu sulit untuk kamu capai. Dengan menyelesaikan target rasional satu persatu, kamu pun akan terbiasa untuk menghadapi tantangan setiap hari.

Selesaikan tugas-tugas kecil
Poin ini hampir sama dengan poin sebelumnya. Jangan biarkan tugas-tugas kecil menumpuk hingga kamu bingung harus memulai dari mana. Selesaikanlah tugas itu satu-persatu. Percayalah, setiap ada satu tugas yang selesai, maka ada energi positif yang bertambah di dalam dirimu.

Adaptasi teknik lain.

Jika kata-kata motivasi kurang menyentuh kamu, cobalah adaptasi teknik baru untuk menyingkirkan kemalasan kamu. Salah satu yang bisa kamu coba adalah teknik podomoro, di mana kamu harus bekerja tanpa diganggu selama 25 menit, beristirahat sekitar 3-5 menit, dan mengambil istirahat yang lebih panjang setelah 4 putaran.

Tutup pintu melarikan diri kamu

Jika biasanya kamu melarikan diri dari pekerjaan lewat tv, medsos, dan sebagainya. Cobalah tutup akses ke semua itu selama kamu bekerja. Ini bisa membuatmu lebih fokus, memblokir rasa malas, dan memaksimalkan hasil kerjamu di hari itu.**(Feb)

Exit mobile version