TopCareerID

4 Cara Menyenangkan untuk Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Ilustrasi. Sumber foto: Howstuffwork.com

Ilustrasi. Sumber foto: Howstuffwork.com

Topcareer.id – Apakah kamu sudah bosan dibelenggu rasa tidak percaya diri? Mungkin ini waktunya kamu untuk berubah.

Kurangnya rasa percaya diri dan motivasi berisiko menghambat jalan kamu menuju kesuksesan. Berbagai saran pun terasa kurang ampuh karena masing-masing poinnya cenderung sulit untuk dijalani.

Nah, jangan khawatir. Di artikel ini, ada 4 cara menyenangkan yang secara tidak sadar akan melambungkan rasa percaya diri dan motivasi kamu.

Apa saja? Yuk cek daftarnya di bawah ini.

Kamu ingin percaya diri? ‘Bertarunglah’ untuk itu
Eits, jangan malas dulu. Bertarung yang dimaksud di sini benar-benar memiliki arti yang sebenarnya.

Seperti dikutip dari laman Lifehack, jika kamu sudah menyerah dengan imbauan diet, olah raga, dan sebagainya, ambil terobosan dengan mengambil kelas bela diri.

Selain tujuan bugar kamu tercapai, beberapa jenis bela diri juga memiliki dampak positif pada kemampuan kamu mengendalikan emosi, mengatasi stres, serta meningkatan rasa aman kamu terhadap lingkungan sekitar.

Setelah mengikuti kelas ini dengan baik, tanpa disadari, kamu akan tumbuh menjadi sosok yang lebih termotivasi, dan lebih memiliki rasa percaya diri.

Romantis
Kabar baik bagi kamu yang sudah menikah, karena ternyata hubungan suami-istri yang sehat juga punya andil besar dalam meningkatkan rasa percaya diri, sekaligus memulihkan harga dirimu setelah berkutat dengan banyak masalah di setiap harinya.

Manfaat lain yang patut disebutkan adalah peningkatan kecerdasan. Bagaimanapun, neurotransmiter kita membawa informasi dari satu sel otak ke sel otak lainnya.

Dengan aktivitas seksual yang rutin dan baik, hipokampus otak kita akan memulai proses yang disebut neurogenesis, yang nantinya bertanggung jawab untuk memproduksi neurotransmiter ini.

Berbelanja
Benar kan? Tipsnya bakal bikin kamu bersemangat. Berbelanja adalah cara yang luar biasa untuk meningkatkan motivasi kamu, sehingga kamu benar-benar mampu merasa nyaman dengan diri sendiri, bahkan hingga berhari-hari.

Meski memiliki sisi negatif, yakni sedikit boros jika kamu menggunakan kesempatan ini secara berlebihan, tapi rasanya tetap saja menyenangkan.

Pada dasarnya, belanja membantu mengalihkan pikiran dari topik yang membuat kamu stres. Selain itu, ini juga adalah salah satu cara untuk mengubah penampilan kamu, yang nantinya bisa membantu meningkatkan harga diri kamu.

Tapi, ingat ya! Gunakan teknik ini dengan sangat hati-hati. Ini bisa menjadi masalah kalau kamu terlalu mengandalkan cara ini. Bisa-bisa kamu akan kehilangan uang, dan lemari pakaian kamu akan penuh sesak dan berantakan.

Menulis cerita
Kita semua menyukai cerita yang bagus. Dan ini bisa membantu kita merasakan dunia yang berbeda, namun tetap berhubungan dengannya. Beberapa kisah juga bisa menjadi peringatan yang membuat kita lebih bijak, merasa termotivasi dan berdaya.

Bahkan, dalam beberapa kasus, sesuatu yang tragis dan dramatis juga bisa berfungsi sebagai katarsis untuk sesuatu yang kita alami. Namun, akan jauh lebih menggembirakan untuk menceritakan kisahmu sendiri, jika dibuat dalam dunia yang kamu ciptakan.

Dari kegiatan ini, kamu bisa memikirkan perjuangan dan kesulitan yang bisa dialami karakter kamu, beserta solusinya. Jadi ini adalah latihan mental yang luar biasa, karena memungkinkan kamu mengontrol apa yang sedang terjadi.

Pada saat yang sama, kamu juga secara tak sadar melatih pengendalian diri, serta lebih memahami sebab dan akibat secara alami.

Untuk memulainya, kamu bisa membaca beberapa tips tentang cara menulis fiksi, dan cara mengekspresikan diri.

Setelah itu, mulailah beranikan diri untuk menulis. Nikmati dunia yang sepenuhnya milikmu, dan ciptakan sesuatu yang benar-benar kamu sukai.**(Feb)

Exit mobile version