Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, October 23, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ingin Naik Gaji? Kenali 5 Tanda Ini

Ilustrasi. Sumber foto: Accounts and LegalIlustrasi. Sumber foto: Accounts and Legal

Topcareer.id – Apakah Kamu ingat kapan terakhir kali meminta kenaikan gaji? Jika tidak, itu mungkin hanya pertanda langsung dan jelas bahwa kamu perlu memulai percakapan tentang gaji kamu.

Tetapi sebelum itu, kenali tanda-tanda bahwa memang kamu sudah waktunya naik gaji saat ini. Memulai pembicaraan adalah yang terpenting, berikut lima tanda halus yang menandakan waktunyameminta kenaikan gaji, berdasar laman The Ladders.

1. Kamu selalu diberi ucapan berterima kasih karena melampaui batas pekerjaanmu

Jika kamu selalu dipuji karena melampaui tanggung jawab dan tugasmu, tetapi tidak pernah diterjemahkan ke dalam diskusi konkret tentang pengembangan karier atau kompensasi, inilah saatnya untuk bertanya kepada atasan tentang hal itu.

Ini adalah posisi yang baik untuk memulai percakapan, karena kamu jelas dianggap sebagai pemain berharga dalam organisasi dan akan memiliki kekuatan negosiasi.

2. Kamu mulai merasa kesal

Apakah kamu mulai merasa dibayar rendah dan diremehkan? Apakah semua percakapanmu dengan teman kantor terdekat berubah menjadi kata-kata kasar tentang berapa banyak yang sudah kamu berikan dan seberapa kecil yang didapatkan?

“Jangan menunggu sampai kamu merasa frustrasi karena ingin pergi, atau saat itu sudah terlambat,” kata Ahli Pengembangan Karier, Francine Parham. Kebencian berkembang ketika kamu tidak menyuarakan harapanmu. Jika kamu melakukan pekerjaan dengan baik dan ingin gajimu mencerminkan hal itu, mintalah kenaikan gaji.

Baca juga: Sebanyak 398 Ribu Guru Honorer dan Tenaga Pendidik Dapat Subsidi Gaji

3. Tanggung jawab sementara menjadi permanen

“Apa tanda-tanda sudah tiba untuk meminta kenaikan gaji? Salah satunya saat kamu diberi tanggung jawab sementara atau tugas yang seiring waktu menjadi bagian dari pekerjaan atau peran tetap kamu,” kata Parham.

Jika deskripsi pekerjaan kamu telah berkembang untuk memasukkan tanggung jawab tambahan, sangat dapat diterima untuk menginginkan gajimu sesuai dengan peran dan tanggung jawab baru kamu. Nyatanya, ini cara yang bagus untuk memulai percakapan.

4. Peranmu telah berkembang setelah reorganisasi

Menurut Parham, sering kali kamu berakhir dengan pekerjaan tambahan dalam tanggung jawabmu setelah reorganisasi, tanpa percakapan formal tentang gaji.

“Perusahaanmu mengalami reorganisasi di mana peran, tanggung jawab, dan tugas baru diberikan kepadamu yang memperluas pekerjaanmu, tetapi tidak ada diskusi tentang kompensasi,” katanya.

Jika kamu mendapati diri sendiri dalam skenario ini, kamu mungkin senang mengambil tanggung jawab tambahan. Bagaimanapun, inilah waktunya untuk mengobrol tentang kompensasi.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Kamu Belum dapat Gaji Tambahan dari Pemerintah

5. Kamu belum dipromosikan

Jika kamu baru saja dipromosikan, mungkin terlalu dini untuk meminta kenaikan gaji lagi. Tetapi jika kamu belum pernah dipromosikan sama sekali di organisasi saat ini, itu mungkin pertanda kamu harus lebih vokal tentang pengembangan kariermu, dan ekspektasi gajimu.

“Saya berharap setiap profesional tahu bahwa mereka harus mengharapkan gaji mereka meningkat dari waktu ke waktu, seperti yang diharapkan perusahaan dari waktu ke waktu. Profesional harus bertanya, mencari informasi dan menjelaskan apa yang mereka harapkan dengan jelas,” kata Parham.**(Feb)

Leave a Reply