TopCareerID

Pemerintah Singapura Bagi-Bagi Voucher Pariwisata ke Warga Lokal

Warga Singapura. (dok. Anadolu)

Topcareer.id – Warga Singapura berusia 18 tahun ke atas, akan menerima masing-masing SGD 100 di tahun ini untuk dibelanjakan pada staycation, tiket ke atraksi rekreasi dan tur lokal, dalam upaya untuk merangsang pengeluaran domestik dan menyelamatkan pekerjaan di sektor pariwisata.

SingapoRediscovers Voucher digital akan dapat diakses melalui SingPass mulai Desember, dan dapat digunakan untuk mengimbangi pembelian tiket dan menginap di hotel hingga akhir Juni tahun depan.

Warga Singapura dewasa juga dapat membeli hingga enam tiket bersubsidi untuk atraksi dan tur. masing-masing dengan diskon SGD 10, untuk mereka yang berusia di bawah 18 tahun.

Menteri Perdagangan dan Perindustrian Chan Chun Sing mengatakan durasi program voucher dijadwalkan bertepatan dengan liburan sekolah Maret, Juni dan Desember,

Menurut Chan, inisiatif tersebut bukanlah skema bantuan sosial.

“Ini adalah skema ekonomi untuk membantu tempat-tempat wisata kami melestarikan kemampuan mereka yang telah dibangun selama bertahun-tahun, sementara mereka mengkonsolidasikan kapasitas untuk sementara waktu,” kata Chan kepada wartawan, mengutip Straits Times, Kamis (17/9/2020).

Skema SingapoRediscovers Voucher senilai SGD 320 juta pertama kali diumumkan bulan lalu dan merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menopang sektor pariwisata, yang telah dihancurkan oleh pembatasan tengah pandemi Covid-19.

Voucher, yang akan datang dalam denominasi SGD 10, dapat digunakan di semua hotel berlisensi, atraksi rekreasi dan untuk tur lokal oleh operator yang telah mendapat persetujuan dari Singapore Tourism Board (STB), untuk dibuka kembali atau dilanjutkan.

Saat ini terdapat 214 hotel, 40 objek wisata, dan 438 rencana perjalanan wisata yang telah diberi lampu hijau untuk melanjutkan operasi dengan langkah-langkah manajemen yang aman. Termasuk empat taman margasatwa Singapura, sejumlah aktivitas dan hotel di Sentosa, serta tur berpemandu di Pulau Ubin.

STB juga mengumumkan bahwa tempat-tempat wisata dapat mengajukan permohonan untuk meningkatkan kapasitas operasi mereka hingga 50 persen, naik dari 25 persen saat ini.

Gardens by the Bay dan pengelola taman, Wildlife Reserves Singapore, termasuk di antara mereka yang berencana melakukannya.

Langkah untuk membuat warga Singapura mendukung bisnis lokal semakin cepat, dengan langkah terbaru melengkapi kampanye pemasaran SingapoRediscovers senilai SGD 45 juta, yang diluncurkan pada bulan Juli untuk mempromosikan liburan di rumah.

Mr Chan menambahkan bahwa meskipun ada skema dukungan lain untuk bisnis pariwisata, voucher akan mendorong konsumen untuk mendukung sesama warga yang bekerja di industri tersebut.

Dia mengatakan bisnis di luar sektor pariwisata diharapkan juga mengalami peningkatan, seperti pengeluaran untuk makanan dan minuman, misalnya.

“Untuk sejauh mana efek katalitiknya, akan agak sulit untuk memprediksi saat ini, tapi kami berharap setidaknya beberapa kali lipat dari yang kami sediakan dalam anggaran,” tambahnya.**(Feb)

Exit mobile version