Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, October 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips Disinfeksi dan Lindungi Rumah dari Virus Corona

Sumber foto: tidyhome.nu

Topcareer.id – Untuk memastikan bahwa rumah kamu terbebas dari virus corona penyebab penyakit Covid-19, kamu tidak bisa begitu saja membersihkannya. Kamu harus mendisinfeksi juga.

Menyeka rak dan konsol TV dengan kain yang dibasahi air saja tidak cukup untuk membunuh virus corona.

Faktanya, virus corona dapat bertahan pada permukaan kaca, logam dan keramik. Jendela berdebu mungkin tidak akan menyakitimu, tetapi kenop pintu yang kotor bisa membuatmu sakit parah.

Jika kamu ingin melakukan perang disinfektan terhadap virus corona, berikut ini cara melakukannya dengan benar.

Baca label disinfektan
Tidak semua bahan pembersih efektif membunuh bakteri, virus, dan jamur, penting untuk membaca labelnya, saran Dr Joseph Horvath, seorang profesor kedokteran di Divisi Penyakit Menular di Fakultas Kedokteran Universitas South Carolina.

“Produk berlabel disinfektan akan cukup membunuh virus dan bakteri jika digunakan dengan benar,” katanya kepada Business Insider.

Biarkan cairan desinfektan mengering dengan sendirinya
Selamatkan dirimu dari masalah mengeringkan lantai yang baru dipel, toilet yang baru saja dibersihkan, atau meja yang dilap.

Faktanya, agar disinfektan bekerja, permukaan yang diaplikasikan harus terlihat basah untuk jangka waktu tertentu. Waktu kontak dapat berkisar dari 15 detik hingga 10 menit, tergantung pada petunjuk produsen.

Untuk rumah dengan anak-anak, orang tua, atau hewan peliharaan yang tidak kondusif jika lantai basah selama 10 menit, sebaiknya gunakan disinfektan lantai yang tidak memerlukan waktu kontak yang lama.

Jangan gunakan satu lap untuk membersihkan seluruh ruangan di rumah
Jika menggunakan deterjen lantai desinfektan, kamu harus menyisakan cukup cairan di permukaan agar dapat berfungsi optimal. Jadi gunakan lap khusus yang berbeda. Jangan gunakan satu lap untuk seluruh permukaan, apalagi lap sudah kotor.

Targetkan area yang sering disentuh
Buatlah daftar pedoman tentang bagian rumah rumah yang paling sering disentuh dan mungkin terpapar virus corona sehingga harus dibersihkan.

Contoh area yang sering disentuh di rumah:

  • Kenop pintu
  • Permukaan meja
  • Kursi makan
  • Timer dapur
  • Toilet
  • Sakelar lampu
  • Remote TV
  • Joystick game

Seka, pel, atau semprot permukaan yang sering disentuh dengan disinfektan khusus penggunaan rumah tangga.

Kamu bisa membuatnya sendiri dengan larutan pemutih. Untuk melakukannya, campurkan lima sendok makan pemutih untuk setiap 3,8 liter air. Atau, campurkan empat sendok teh pemutih per 1 liter air, saran CDC.

Namun, kamu harus periksa apakah pemutih yang kamu gunakan belum kedaluwarsa dan bisa digunakan untuk desinfektan. Dan jangan pernah mencampur pemutih dengan amonia atau bahan pembersih rumah tangga.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply