Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, October 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Menpora Beberkan Kiat Sukses Jadi Pengusaha

Sumber foto: freepik.com

Topcareer.id – Menjadi pebisnis sukses memang menjadi dambaan setiap orang. Apalagi jika diraih pada umur yang terbilang muda.

Nah, untuk itu Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora), Zainudin Amali tak segan membagikan kiat-kiat sukses bagi anak muda yang ingin mencoba peruntungannya di dunia usaha.

Kiat-kiat sukses yang disampaikan ini bukan sekadar teori semata, melainkan berdasarkan pengalamannya menjadi enterpreneur di usia muda.

Pria kelahiran 1962 itu mengatakan ada tiga kiat yang harus dipegang teguh sebagai pemula dalam dunia wirausaha. Pertama, yakni fokus.

“Sebagai orang atau pemuda yang baru memulai harus fokus pada satu bidang usaha, jangan berpikir banyak hal lebih dahulu,” terangnya dalam Seminar Kewirausahaan, pada Minggu (20/9/2020).

Setelah fokus, Zainudin mengatakan diperlukannya konsistensi. Di mana kita mencoba untuk tidak mudah berpindah haluan ketika mengalami kegagalan.

“Kegagalan harus menjadi suatu pelajaran. Lihat Jack Ma sebagai pengusaha sukses menyampaikan tidak mau belajar dari yang sukses, ia belajar dari yang gagal, supaya tahu kenapa gagal, maka jangan lewat jalan yang gagal itu,” jelasnya.

Dan yang terakhir, Menteri yang sering meraih beberapa penghargaan khususnya dalam olahraga golf itu juga menekankan pentingnya menjalin jaringan. Menurutnya dengan begitu, ide maupun gagasan yang kita miliki akan mudah terealisasi.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply