TopCareerID

Perhatikan Hal Ini Agar Kamu Tetap Profesional Saat Mengajukan Cuti Pada Atasan

Topcareer.id – Ritme kerja yang tinggi setiap harinya pasti membuatmu lelah dan sesekali membutuhkan liburan. Namun seringkali tindakan meminta ijin kepada atasan untuk mengambil cuti bisa terasa canggung.

Kamu mungkin merasa akan dinilai sebagai pemalas, atau kamu harus menebus waktu yang hilang ketika kembali bekerja.

Dan ini bisa menjadi lebih sulit saat kantor kamu sedang kekurangan staf, atau jika kamu duduk pada posisi yang memainkan peran integral di tempat kerja.

Baca Juga: Tips Manfaatkan Jatah Cuti Selama Pandemi

Mengetahui cara meminta ijin kepada atasan untuk libur secara efektif bisa menjadi alat profesional yang efektif. Perhatikan hal-hal berikut ini sebelum meminta ijin libur.

Contoh:
“Saya ada janji dengan dokter gigi jam 1 siang pada hari Jumat. Apakah boleh saya menggunakan ijin waktu setengah hari sakit dan pulang kerja pada siang hari?”

Jika kamu merasa akan mengalami gangguan kesehatan, atasan akan lebih suka kamu menelepon karena sakit daripada memaksa datang dan menyebarkan kuman di kantor.

Sebaiknya cobalah untuk menelepon malam sebelum ketidakhadiranmu ketika kamu mulai merasa sakit, atau mengabarkan pertama kali di pagi hari sebelum jam kerja. Ini sangat penting jika kamu memiliki pekerjaan yang membutuhkan tenaga tambahan.

Exit mobile version