Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, October 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

IMF Dorong Negara Investasi Infrastruktur untuk Pertumbuhan Ekonomi

Gedung IMF. (dok. Reuters)

Topcareer.id – International Monetery Fund (IMF) mengatakan pemerintah anggota harus memanfaatkan peluang suku bunga rendah untuk berinvestasi di infrastruktur guna mendorong pemulihan dari pandemi virus corona dan beralih ke energi yang lebih hijau.

IMF mengatakan dalam beberapa bab dari monitor fiskal bahwa penelitiannya menunjukkan investasi publik dalam infrastruktur, termasuk investasi dalam sistem perawatan kesehatan, infrastruktur digital, dan mengatasi perubahan iklim dapat membayar lebih dari dua banding satu dalam pertumbuhan ekonomi dalam dua tahun.

Pemantauan Fiskal lengkap akan dipresentasikan pada pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia, yang akan berlangsung minggu depan dan akan memberikan penilaian terbaru tentang efek pandemi terhadap ekonomi global.

IMF mengatakan meningkatkan investasi publik sebesar 1% dari PDB di negara maju dan berkembang akan menumbuhkan PDB mereka sebesar 2,7%, menciptakan 7 juta pekerjaan secara langsung, dan antara 20 juta hingga 33 juta pekerjaan secara keseluruhan ketika mempertimbangkan efek makroekonomi tidak langsung.

Baca juga: IMF: Beberapa Negara akan Terbebani Krisis Covid-19 untuk Waktu Lama

“Bahkan sebelum pandemi, investasi global telah melemah selama lebih dari satu dekade, meskipun jalan dan jembatan hancur di beberapa negara maju, dan ada kebutuhan infrastruktur yang sangat besar untuk transportasi, air bersih, sanitasi, dan lebih banyak lagi di sebagian besar negara berkembang,” kata Direktur Urusan Fiskal IMF, Vitor Gaspar dalam sebuah posting blog, mengutip Reuters.

Dia menambahkan bahwa suku bunga rendah secara global juga menandakan bahwa waktu yang tepat untuk berinvestasi meskipun IMF sering memperingatkan tentang penumpukan utang besar-besaran di negara-negara berkembang.

Beberapa negara dengan kondisi pembiayaan yang lebih ketat harus mengambil pendekatan yang lebih bertahap untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur, tetapi prospek pertumbuhan yang lebih baik dapat terbayar jika proyek-proyek dikelola dengan baik dan menyiapkan panggung untuk pertumbuhan di masa depan.

 “Investasi sekarang sangat dibutuhkan di sektor-sektor penting untuk mengendalikan pandemi, seperti perawatan kesehatan, sekolah, bangunan aman, transportasi yang aman, dan infrastruktur digital,” kata IMF dalam laporannya.

IMF mengatakan investasi publik dalam infrastruktur layak dan dapat dilakukan dengan cepat jika pemerintah berinvestasi dalam pemeliharaan infrastruktur, meninjau dan memulai kembali proyek yang ditangguhkan pada awal pandemi, mempercepat proyek dalam proses pipa, dan segera merencanakan investasi pasca pandemi.**(Feb)

Leave a Reply