Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, October 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

5 Langkah Menjadi Business Intelligence Analyst

Workstation sit-stand. (dok. Forbes)

Topcareer.id – Business Intelligence Analyst (BI) bertugas membantu perusahaan menempatkan data yang sudah dikumpulkannya, untuk digunakan sebagai upaya meningkatkan efisiensi perusahaan dan memaksimalkan keuntungan.

Mereka akan menyisir data dalam jumlah besar dengan membuat kueri database secara efektif, lalu membuat laporan dan mengidentifikasi tren untuk menghasilkan wawasan bisnis yang dapat ditindaklanjuti.

Seorang BI harus memiliki berbagai keterampilan dalam data besar, terutama analisis data, serta pemahaman bisnis yang tajam.

Berikut 5 langkah untuk meluncurkan karier Business Intelligence Analyst yang sukses:

Dapatkan gelar sarjana
Kamu harus memiliki gelar sarjana dalam sistem informasi, ilmu komputer, ilmu data, administrasi bisnis, teknik, ekonomi, atau bidang terkait yang memberimu wawasan tentang proses bisnis dan operasi organisasi.

Kamu juga harus memahami sebanyak mungkin tentang data sebelum memasuki profesi ini. Jadi carilah kelas tambahan dalam arsitektur data, desain database, penambangan data, visualisasi data, dan sebagainya. Kamu juga harus memiliki keterampilan Excel dan SQL yang kuat sebelum lulus.

Magang dan dapatkan pengalaman kerja tingkat awal
Seorang BI sangat diharapkan memiliki pengalaman kerja. Salah satu cara yang baik untuk memulai pelatihan kamu adalah dengan magang di industri keuangan, yang akan memberi kamu kesempatan untuk belajar tentang cara kerja bisnis.

Setelah lulus, pertimbangkan pekerjaan sebagai analis data, analis bisnis, atau penulis laporan data. Cari peluang dalam pekerjaan ini untuk membuat kueri SQL, membuat model dan menganalisis data, serta menentukan dan mengelola cakupan proyek.

Baca juga: Karyawan Toxic Terlihat Saat Proses Perekrutan. Ini Cirinya

Dapatkan sertifikasi profesional
Sertifikasi profesional terbaik untuk BI adalah Microsoft’s Certified Solutions Expert in business intelligence. Sertifikasi ini membuktikan bahwa kamu memiliki keterampilan yang diperlukan untuk merancang dan menggunakan SQL dalam memberikan solusi berbasis data.

Ujian pengambilan sertifikat tersebut mencakup pembuatan kueri dan pengelolaan database SQL, penerapan gudang data dan model data, serta perancangan solusi bisnis. Atau kamu juga bisa dapatkan sertifikat profesional dari lembaga lain yang menyediakannya.

Lamar kerja
Setelah mengembangkan keterampilan yang diperlukan, memperoleh pengalaman kerja, dan mendapatkan sertifikasi secara profesional, kamu bisa melamar posisi BI. Kamu akan diminta untuk memiliki rata-rata sekitar 4 tahun pengalaman kerja atau 1-2 tahun pengalaman pengawasan dalam sebuah organisasi, karena seorang BI sering kali adalah manajer proyek dan terkadang memiliki tanggung jawab perekrutan.

Kejar gelar yang lebih tinggi
Gelar master dalam administrasi bisnis (MBA) lebih disukai untuk peran ini, meskipun master umumnya tidak diperlukan jika kandidat memiliki pengalaman kerja yang cukup dan sertifikasi profesional. Kamu juga bisa mendapatkan gelar master di bidang teknologi informasi, atau master di industri yang kamu inginkan.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply