Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, October 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Mendapatkan Respect dari Rekan Kerja

Ilustrasi. (dok. Pinterest)

Topcareer.id – Rasa hormat itu diperoleh, bukan diminta. Dan meskipun kamu mungkin harus menghormati orang lain yang lebih senior, kamu juga perlu berusaha untuk mendapatkan rasa hormat untuk dirimu sendiri.

Dalam banyak hal, rasa saling hormat di tempat kerja disebut sebagai aturan emas, yakni memperlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan.

Sopan, sikap yang baik, semangat kerja sama, dan profesionalisme bisa sangat membantu dalam mendapatkan dan menjaga rasa hormat rekan kerja kamu.

Berikut ini tips agar kamu bisa meraih rasa hormat dari rekan kerja

Sikap positif
Mempertahankan pandangan positif di tempat kerja akan membangkitkan rasa hormat dari orang-orang di sekitar kamu. Sapa orang-orang dengan ramah setiap hari dan amati kesopanan dasar. Mengatakan “tolong” dan “terima kasih” memberi tanda kepada rekan kerjamu bahwa kamu tidak menganggap remeh mereka.

Baca juga: Tujuh Bahasa Tubuh yang Perlu Diperhatikan Saat Wawancara Video

Keandalan
Orang lebih cenderung menghormati rekan kerja yang dapat mereka andalkan. Cobalah datang tepat waktu untuk bekerja atau rapat, dan langsung menjawab panggilan telepon dan email. Hal ini menunjukkan kepada orang-orang bahwa kamu menghargai waktu mereka.

Akui bantuan orang lain
Rekan kerja akan merespons secara positif ketika kamu mengakui upaya dan kontribusi mereka sebagia rekan kerjamu di tempat kerja. Jika seseorang berusaha keras untuk membantumu, ucapkan terima kasih secara langsung, tetapi juga bantulah mereka jika kamu melihat rekan kerjamu kesulitan mengejar ketinggalan setelah sakit.

Hindari drama kantor
Dapatkan rasa hormat dari rekan kerja dengan menghindari gosip dan pertengkaran di kantor. Arahkan percakapan ke arah lain ketika seseorang mulai menjelek-jelekkan rekan kerja atau atasan.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply