Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, October 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Diare Jadi Salah Satu Gejala COVID-19

Foto Ilustrasi

Topcareer.id – COVID-19 merupakan penyakit saluran pernafasan yang disebabkan virus corona. Mayoritas orang yang terinfeksi COVID-19 memiliki gejala ringan atau tanpa gejala.

Orang dewasa di atas usia 65 tahun dan orang dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya berada pada risiko tertinggi terkena komplikasi parah.

Gejala COVID-19 yang paling umum adalah demam, kelelahan, dan batuk kering. Menurut sumber tepercaya Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). 83 hingga 99 persen orang akan mengalami demam, 59 hingga 82 persen akan mengalami batuk, dan 44 hingga 70 persen akan mengalami kelelahan.

Baca Juga: Satgas Covid-19: Waspadai Kluster Pengungsian saat Musim Hujan

Gejala umum lainnya yang terkait dengan COVID-19 meliputi:

  • Diare
    Diare umumnya terjadi pada orang dengan COVID-19. Satu studi yang diterbitkan dalam American Journal of Gastroenterology memeriksa 206 pasien dengan kasus COVID-19 ringan. Mereka menemukan 48 orang hanya memiliki gejala pencernaan dan 69 lainnya memiliki gejala pencernaan dan pernapasan.

Dari total 117 penderita gangguan lambung, 19,4 persen mengalami diare sebagai gejala pertama COVID-19.

  • Muntah
    Penelitian dari Beijing menemukan bahwa muntah lebih sering terjadi pada anak-anak yang terpapar COVID-19 daripada orang dewasa.

Para peneliti menganalisis semua studi klinis COVID-19 dan laporan kasus terkait masalah pencernaan yang diterbitkan antara Desember 2019 dan Februari 2020. Mereka menemukan bahwa 3,6 hingga 15,9 persen orang dewasa mengalami muntah, dibandingkan dengan 6,5 hingga 66,7 persen anak-anak.

Apa hubungan antara COVID-19 dan gejala gastrointestinal?
Riset menunjukkan bahwa virus yang menyebabkan COVID-19 dapat memasuki sistem pencernaan melalui reseptor permukaan sel untuk enzim yang disebut angiotensin converting enzyme 2 (ACE2).**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply