Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, October 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Dua Trik Psikologi Sederhana untuk Raih Perhatian Orang saat Berbicara

Topcareer.id – Mendapatkan perhatian orang ketika menyampaikan informasi sepertinya menjadi hal yang diinginkan, apalagi jika kamu seorang pemimpin, CEO, atau pekerja penjualan. Kamu akan melakukan sesuatu agar perhatian mereka tak teralihkan saat kamu berbicara.

Mengutip Medium, psikologi memberi tahu kita bahwa ada metode dua langkah sederhana untuk membuat orang memperhatikanmu. Berikut di antaranya.

Langkah 1: Sebut secara santai nama orang yang perhatiannya ingin kamu dapatkan

Dengan menggunakan nama seseorang dalam percakapan, kamu memberi tahu seseorang yang kamu sayangi, kamu menganggapnya penting, dan kamu cukup menghormatinya untuk menggunakan dan mengingat namanya. Kebanyakan staf penjualan menggunakan trik ini.

Cukup dengan berkomitmen untuk mengingat nama, kamu sudah selangkah di depan. Kai Stabell, pendiri Consortium for Conversational Conflict Resolution, mengatakan bahwa kita dikondisikan terhadap suara atas nama kita sendiri. Kita otomatis bereaksi dengan cara yang tidak kita lakukan terhadap hal lain. Itu adalah suara paling berharga di dunia bagi kita.

Baca juga: Pekerjaan yang Dianggap Paling Sulit di Bidang Psikologi

Langkah 2: Ciptakan ketegangan lembut dengan mengajukan pertanyaan

Kamu telah mem-ping minat seseorang dengan menyebutkan namanya. Sekarang kamu ingin menyimpannya. Hanya mengucapkan nama seseorang adalah awal yang baik, tetapi kamu ingin menciptakan sedikit ketegangan yang akan mempertahankan perhatian itu, dan memberi mereka alasan untuk mengingatmu di penghujung hari, yakni lewat pengajuan pertanyaan.

“(Kebanyakan) orang menghabiskan sebagian besar percakapan mereka untuk berbagi pandangan mereka sendiri daripada berfokus pada orang lain,” kata penulis makalah 2017 di Journal of Personality and Social Psychology.

Inilah sebabnya mengapa pertanyaan sangat menarik perhatian. Pertanyaan itu tidak biasa dalam aliran percakapan normal di mana setiap individu biasanya membicarakan diri mereka sendiri.

Mereka menjelaskan bahwa jenis pertanyaan terbaik untuk ditanyakan adalah pertanyaan lanjutan. Ini membuktikan bahwa kamu mendengarkan sesuatu yang dikatakan individu targetmu, dan kamu ingin mendengar lebih banyak dari mereka tentang masalah tersebut.

Kedengarannya dasar, tetapi pada intinya, kita adalah makhluk dasar. Manusia suka didengarkan, suka ketika orang membuat kita merasa spesial, dan kita menghargai orang-orang itu dengan memberikan perhatian kita kepada mereka.**(Feb)

Leave a Reply