Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, November 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Tak Seindah Namanya, Ini Bahaya dari Happy Hypoxia

Ilustrasi

Topcareer.id – Satgas Waspada dan Siaga NcoV Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Erlina Burhan mengatakan di tengah pandemi ini, masyakarat harus mewaspadai happy hypoxia atau kurangnya kadar oksigen dalam tubuh.

Menurutnya seseorang yang terkena happy hypoxia masih bisa melakukan kegiatan sehari-hari seperti makan, mandi, tersenyum, namun dengan batuk menetap, ditambah dengan lemas.

“Happy hypoxia terjadi akibat kerusakan pada saraf yang menghantarkan sensor ke otak, sementara otak tidak dapat memberikan respon dan pasien pun merasa tidak ada gejala atau tidak terlihat sesak,” jelasnya secara virtual, pada Kamis (15/10/2020).

Wanita yang juga menjabat sebagai Ketua Divisi Infeksi Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FKUI ini pun menegaskan bahwa happy hypoxia dapat membuat pasien Covid-19 mengalami penurunan kesadaran.

“Ini gejala yang harus diwaspadai. Biasanya kalau sudah terjadi hypoxia dalam waktu cukup lama, pasien akan mengalami penurunan kesadaran dan biasanya fatal akibatnya. Itu setelah berhari-hari,” pungkasnya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply