Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, November 25, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Ini Strategi Pertamina untuk Bangkitkan Bisnis UMKM Pasca Pandemi

Topcareer.id – Kondisi pandemi Covid-19 membuat banyak bisnis yang dijalani UMKM ikut terdampak. PT. Pertamina (Persero) melalui Program Kemitraan memaparkan sejumlah program strategis untuk membangkitkan bisnis para UMKM mitra binaannya.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, banyak program baru yang disusun saat pandemi. Hal itu menjadi upaya Pertamina untuk memotivasi UMKM mitra binaannya untuk bangkit dari dampak pandemi.

“Salah satunya mendorong UMKM untuk Go Digital dan Go Online dalam memasarkan produknya,” kata Fajriyah dalam keterangan pers, Selasa (3/11/2020).

Selain bantuan permodalan, Program Kemitraan Pertamina juga menyusun beberapa agenda pembinaan yang khusus dibuat saat pandemi. Di antaranya, pelatihan UMKM secara digital. Hingga triwulan III tahun ini, Pertamina telah menggelar 131 pelatihan untuk UMKM baik secara daring maupun langsung.

Selain itu, para mitra binaan juga dibuatkan grup media sosial per sektor untuk mempermudah komunikasi. Selanjutnya terdapat pelibatan binaan dalam kegiatan sosial. Pertamina sendiri telah menyerap produk mitra binaan selama pandemi dengan nilai pembelian mencapai lebih dari Rp 12,68 miliar.

Kemudian, terdapat program Pasar Digital (PaDi) UMKM yang merupakan program sinergi 9 BUMN. Di mana tidak kurang dari 7000 UMKM mitra Pertamina terdaftar dalam platform procurement berbasis digital.

“Lalu terdapat platform e-learning yang khusus dibuat untuk UMKM mitra binaan Pertamina. Melalui E-Learning ini, UMKM akan dibina secara daring hingga dapat naik kelas,” imbuhnya.

Program lain yang tak kalah mempunyai efek besar bagi bangkitnya UMKM pasca pandemi adalah digitalisasi dan e-commerce. Ini adalah salah satu bentuk pembinaan untuk UMKM agar bisa familiar dengan transaksi digital dan juga pengembangan pasar e-commerce.

“Kita bekerja sama dengan beberapa e-commerce untuk memberikan pelatihan-pelatihan dan fitur khusus untuk UMKM binaan kami,” katanya.

Fajriyah menambahkan, selain mengandalkan dari upaya UMKM sendiri, Pertamina juga turut membantu upaya promosi produk dan profil dari UMKM, yakni melalui beberapa sarana media sosial Youtube dan Instagram @gen_umkm dan @pertamina.

Dengan mengaplikasikan seluruh program tersebut, Pertamina yakin seluruh UMKM mitra binaannya akan cepat bangkit dan pulih dari dampak pandemi. Sehingga dapat menjalankan roda bisnisnya seperti sedia kala.

Menurut Fajriyah, upaya ini merupakan salah satu bentuk implementasi Goal 8 Sustainable Development Goals (SDGs), yakni mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta tenaga kerja penuh dan produktif.

“Di mana diharapkan dapat membantu masyarakat mendapat pekerjaan yang layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” tutupnya.**(Feb)

Leave a Reply