Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, November 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

10 Kebiasaan Buruk Perawatan Wajah yang Harus Disetop dari Sekarang (Bagian 1)

Dok/SimpleSkincare

Topcareer.id – Kamu sudah berusaha menjalankan berbagai macam perawatan kulit wajah agar tampak cerah. Namun, untuk beberapa alasan, kulitmu masih kurang  bercahaya.

Nah, sebelum menyalahkan semua produk skincare-mu, mungkin ini saat yang tepat untuk melihat kebiasaan pribadimu.

Jangan-jangan, kebiasaan pribadimu setiap hari terhadap kulit wajah kamu lah yang menahanmu untuk mencapai tujuan perawatan kulit tersebut.

Berikut ini sekilas tentang 10 kesalahan perawatan kulit dan cara mengatasinya, seperti dikutip dari laman CNA Lifestyle.

1. Tidak cukup tidur

Jangan berhemat saat tidur karena inilah saat kulitmu membangun kembali kolagennya, dan memperbaiki kerusakan akibat paparan sinar UV.

“Kualitas tidur yang buruk telah terbukti mempercepat tanda-tanda penuaan kulit dan melemahkan kemampuan kulit untuk memperbaiki dirinya sendiri dari kerusakan seperti terbakar sinar matahari. Jadi, pastikan untuk mendapatkan istirahat malam yang nyenyak,” kata Dr Stephanie Ho, konsultan dermatologis.

2. Melewatkan krim perlindungan sinar matahari

Oleskan tabir suryamu. Menurut Dr. Ho, perlindungan matahari sangat penting dalam mencegah penuaan dini dan mengurangi risiko kanker kulit. “Berjam-jam di bawah sinar matahari berkontribusi pada pembentukan awal pigmentasi, keriput, dan kekeringan, yang mengarah pada penampilan dini,” kata Dr Ho.

Selain tabir surya, pelindung matahari dan topi juga dapat membantu. Dan jika kamu memiliki luka yang tidak dapat sembuh, pertumbuhan baru, atau tahi lalat yang berubah, Dr Ho menyarankan untuk menemui dokter kulit lebih awal untuk pemeriksaan kulit.

3. Menggunakan produk yang salah untuk jenis kulitmu

Manman Chong, direktur pendidikan untuk Asia di perusahaan perawatan kulit Prancis Caudalie mengatakan, tujuan dari menerapkan rutinitas perawatan kulit adalah untuk menyempurnakan warna kulit ke tingkat yang optimal, dengan menyeimbangkan dan merawat kulitmu dengan produk yang tepat.

“Jika produk tidak cocok untuk kulitmu, produk tersebut tidak akan seefektif dan bahkan dapat memperburuk masalah dan kondisi kulit yang ada,” kata dia.

Untuk mengidentifikasi jenis kulitmu, ia menyarankan untuk mengamati kulit setelah pembersihan, atau memeriksa tingkat sifat berminyak pada kulit, dengan mengoleskan area T-zone, pipi dan dagu.

4. Tidak menghapus makeup

Akan ada malam-malam ketika kamu malas menghapus riasan hingga langsung terlelap tidur. Tapi, ketika kamu melakukan itu karena riasan, bersama dengan kotoran dan minyak hari itu, pori-porimu bisa tersumbat.

Untuk cara cepat menghilangkannya, makeup artist Clarence Lee merekomendasikan penggunaan minyak pembersih yang baik. “Ini sangat menghilangkan semua jejak riasan dalam sekejap tanpa perlu memiliki penghapus terpisah untuk riasan mata dan seluruh wajah. Dan tidak perlu kapas atau kuncup juga, artinya penggunaan bahan lebih sedikit,” sarannya.

5. Memecahkan jerawat

Jerawat merah memang dapat menyebabkan penderitaan. Meskipun godaan untuk meletuskannya bisa sangat membebani, ada alasan bagus mengapa kamu tidak perlu melakukannya. Jerawat terbentuk ketika pori-pori tersumbat oleh kotoran, sel kulit mati, atau minyak berlebih karena perubahan hormonal.

“Memecahkan mereka dapat menyebabkan infeksi dan tidak menyelesaikan masalah yang mendasarinya. Dalam beberapa kasus, bahkan dapat memperburuk kondisi dan jaringan parut,” kata Dr. Ho.**(Feb)

Leave a Reply