Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, November 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

10 Kebiasaan Buruk Perawatan Wajah yang Harus Disetop dari Sekarang (Bagian 2)

Dok/Everydayhealth.com

Topcareer.id – Kamu sudah berusaha menjalankan berbagai macam perawatan kulit wajah agar tampak cerah. Namun, untuk beberapa alasan, kulitmu masih kurang  bercahaya.

Nah, sebelum menyalahkan semua produk skincare-mu, mungkin ini saat yang tepat untuk melihat kebiasaan pribadimu.

Jangan-jangan, kebiasaan pribadimu setiap hari terhadap kulit wajah kamu lah yang menahanmu untuk mencapai tujuan perawatan kulit tersebut.

Berikut ini sekilas tentang 10 kesalahan perawatan kulit dan cara mengatasinya, seperti dikutip dari laman CNA Lifestyle.

6. Tidak cukup minum air putih

“Air pada umumnya dianggap dapat melembabkan dan menumpuk sel-sel kulit sehingga membuat kulit tampak lebih cerah dan elastis. Oleh karena itu, asupan air yang tidak mencukupi berpotensi menyebabkan kekeringan, mengelupas, dan mengurangi kekenyalan kulit,” kata Dr. Stephanie Ho, konsultan dermatologis.

Dia menyoroti bahwa meskipun tidak banyak penelitian yang mendukung hal ini, satu studi menunjukkan bahwa meningkatkan asupan air pada individu yang mengalami dehidrasi dapat berdampak positif pada fisiologi kulit dan dengan demikian, hidrasi di lapisan atas kulit.

7. Terlalu banyak mengelupas kulit

Pengelupasan mempercepat pengangkatan sel kulit mati dari lapisan paling atas kulit melalui cara fisik atau kimiawi. “Meskipun dapat meremajakan kulit dan memberikan tampilan yang lebih segar, namun tidak cocok untuk semua orang,” Dr Ho memperingatkan.

Mereka yang memiliki kulit sensitif dan kering harus berhati-hati karena pengelupasan dapat menyebabkan peradangan dan gatal-gatal. Mereka juga harus memeriksa produk mereka yang ada untuk retinoid atau benzoil peroksida.

8. Tidak memberikan produk cukup waktu untuk bekerja dengan baik

Kadang kita tak sadar bahwa kita selalu menginginkan hasil yang instan, namun faktanya produk perawatan kulit tetap membutuhkan waktu untuk memberikan hasil nyata.  

“Regenerasi sel memainkan peran penting dalam menghasilkan kemanjuran produk perawatan kulit. Kulit sehat beregenerasi dalam 28 hari yang juga dikenal sebagai pergantian sel, kata Manman Chong, direktur pendidikan untuk Asia di perusahaan perawatan kulit Prancis Caudalie.

Dia mengatakan bahwa secara umum, 28 hingga 56 hari (atau empat hingga delapan minggu) adalah durasi yang baik untuk menentukan apakah suatu produk bekerja untukmu. Jadi, bersabarlah.

9. Mencuci wajah dengan air panas

Membilas dengan air panas menghilangkan minyak alami dari kulit dan menyebabkan iritasi pada kulit. “Saat membersihkan wajah, suhu air tidak boleh terlalu tinggi atau terlalu rendah. Kulit wajah kita rentan terhadap suhu ekstrim karena strukturnya yang halus dan banyaknya pembuluh darah di bawah kulit kita,” kata Chong. Dia menambahkan bahwa air hangat sekitar 30 derajat Celcius disarankan.

10. Tidak membersihkan alat makeup

“Bahkan jika peralatanmu tidak digunakan oleh orang lain, bakteri akan mulai menghuni mereka dari waktu ke waktu karena ada tingkat kelembapan tertentu di semua produk riasan yang dikombinasikan dengan sebum alami dari kulit yang menempel padanya,” kata makeup artist, Clarence Lee.

Dia mengatakan bahwa alat yang sering digunakan harus dibersihkan setiap minggu dengan pembersih yang baik dan jika perlu segera dibersihkan, dia menyarankan untuk memilih produk pembersih cepat.**(Feb)

Leave a Reply