Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, November 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Kebahagiaan di Tempat Kerja Itu Penting, Ini Alasannya

Dok. Life inc. Retirement Service

Topcareer.id – Pergi ke kantor, di mana secara mekanis tugas yang diberikan hanya kamu pakai untuk menunggu waktu dan menghabiskan sisa hari begitu saja, adalah gambaran ideal dari kehidupan yang tidak bahagia.

Seorang pekerja yang bahagia akan sampai di kantor tepat waktu karena dia menghormati ketepatan waktunya. Ia akan melakukan semua tugas sehari-hari karena dia senang melakukannya, bukan karena paksaan.

Mengapa kebahagiaan di tempat kerja itu penting? Berikut ini beberapa alasannya

Kebahagiaan menggandakan kesuksesan
Kebahagiaan di tempat kerja bisa menyebar seperti api. Karyawan yang merasa senang dalam melakukan pekerjaannya merupakan contoh yang baik bagi orang lain yang kurang termotivasi. Kebahagiaan di tempat kerja secara langsung berkorelasi dengan peningkatan produktivitas dan kinerja kelompok yang lebih baik di tempat kerja.

Kebahagiaan membangun kepositifan
Pikiran yang bermasalah bisa menjadi gudang perenungan negatif. Ketika kamu bekerja karena keterpaksaan dan tidak merasa bersemangat dengan kontribusi yang kamu berikan untuk kesuksesan organisasi, pikiran akan mulai melemah. Kamu akan menjadi stres, kehilangan fokus, dan memanjakan pikiran yang mencela diri sendiri seperti “Saya harus berhenti”, “Saya tidak tahan lagi”, “Saya tidak layak”, dll. Sebaliknya, seorang yang bahagia dsn memiliki perasaan positif yang kuat tentang pekerjaannya, niscaya akan lebih semangat dan fokus membangun dirinya.

Kebahagiaan mengurangi stres
Annie Mckee, seorang penasihat Kepemimpinan Internasional, dan penulis, dalam salah satu terbitannya di Harvard Business Review, menyebutkan bahwa ketika karyawan tidak bahagia, otak mereka mulai terputus dari emosi positif, dan merusak kekuatan berpikir kreatif dan penalaran mereka.

Bahagia di tempat kerja berarti hidup sehat
Jika membiarkan stres dan kekecewaan pekerjaan masuk ke dalam ruang pribadi, tidak mungkin mudah untuk menyingkirkannya. Orang yang bahagia di tempat kerja cenderung tidak menderita hipertensi, serangan jantung, penyalahgunaan zat, dan gangguan terkait stres lainnya. Ketika bahagia, kamu akan mendapatkan kekuatan untuk melawan penyakit dan keinginan untuk pulih. Tidak hanya itu, kebahagiaan di tempat kerja juga membuat kamu tidak terlalu rentan terhadap stres dan beban terkait pekerjaan.

Kebahagiaan di tempat kerja membuat orang lebih inovatif dan inspiratif
Dalam keadaan pikiran bahagia, orang-orang menjadi lebih inovatif dan terinspirasi. Mereka bersedia untuk meningkatkan keterampilan yang ada dan berkontribusi dalam menciptakan budaya kinerja yang menyenangkan dan kreatif di tempat kerja. Menemukan kebahagiaan dalam pekerjaan membantu membangun hubungan interpersonal yang kuat di tempat kerja dan mendorong orang untuk bekerja sama demi kesejahteraan umum organisasi yang mereka layani.

Dyfed Loesche, seorang jurnalis statistik dan data terkemuka, dalam salah satu terbitannya tentang negara-negara yang memiliki work-life balance terbaik dan terburuk, menyebutkan bahwa Belanda adalah salah satu negara paling bahagia di dunia terkait work-life balance.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply