Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, November 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Punya Rekan Kerja Yang Selalu Bad Mood? Begini Cara Mengatasinya

Topcareer.id – Berurusan dengan rekan kerja yang terus-menerus berada dalam suasana hati yang buruk dapat memengaruhi produktivitas dan menurunkan semangatmu.

Jangan biarkan perasaan buruk rekan kerja kamu yang terus-menerus mengganggumu. Pastinya dia kemungkinan besar tidak akan mengubah perilakunya jika dia tidak menyadari bagaimana tindakannya mempengaruhi lingkungan di sekitarnya.

Baca Juga: Merasa Bad Mood atau Depresi? Coba Makan Pisang

Nah, jika kamu memiliki rekan kerja yang setiap hari selalu berada dalam mood yang buruk dan sering mengganggu situasi kerja, coba lakukan hal ini:

Tetap tenang

Meskipun mungkin sulit untuk tetap tenang, terutama jika rekan kerja berbicara dengan tidak hormat akibat mood nya yang buruk, tetaplah tenang dan jangan bereaksi berlebihan. Jika kamu bereaksi dalam kemarahan terhadap kemurungan rekan kerja kamu, kemungkinan akan memperburuk situasi.

Ajukan pertanyaan

Kamu mungkin tidak menyadari apa yang terjadi dalam kehidupan pribadi rekan kerjamu yang mungkin menjelaskan perilakunya. Mulailah dialog terbuka, tanyakan padanya apakah ada sesuatu yang mungkin kamu lakukan yang menyebabkan rasa frustrasinya. Tunjukkan kesediaan memberi umpan balik positif saat mereka menceritakannya.

Jelaskan perasaan kamu

Selama dialog terbuka dengan rekan kerja tersebut, beri tahu dia bagaimana suasana hatinya yang buruk memengaruhi dirimu tanpa bersikap kasar atau kritis. Jika perilakunya berdampak negatif pada produktivitas kamu, katakan padanya bahwa tempat kerja yang positif akan lebih sehat untuk kamu berdua. Jangan takut untuk meminta dengan hormat agar dia mengubah perilakunya. Katakan padanya bahwa kamu akan cukup menghormatinya dan mengubah perilakumu jika ada sesuatu yang kamu lakukan dan menyebabkan dirinya frustrasi.

Bicara dengan HRD

Jika semua cara gagal memberikan hasil, bicarakan dengan seseorang di departemen HRD.Teguran resmi mungkin satu-satunya hal yang bisa meyakinkan dia untuk menyesuaikan sikapnya. Sebelum berkonsultasi dengan HRD, dokumentasikan kejadian suasana hati rekan kerja yang selalu memburuk. Secara khusus, catat insiden di mana rekan kerja membuat pernyataan yang merendahkan atau membuatmu merasa tidak nyaman.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply