Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, December 5, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

5 Tips Tampil Lebih Natural Saat Wawancara Kerja

Topcareer.id – Bersikap alami (natural) saat wawancara kerja memang sudah seharusnya dilakukan. Tapi, pada praktiknya lebih susah dijalankan.

Padahal, jika kamu tampil alami, maka semakin percaya diri calon atasan dalam mempekerjakanmu untuk posisi tersebut. Coba lakukan lima tips berikut untuk membantu dirimu agar tampil lebih alami dalam wawancara, seperti dalam laman The Ladders.

1. Pahami misi dan sejarah perusahaan yang kamu lamar

Statistik mengejutkan yang ditemukan oleh Twin Employment Training menemukan bahwa 47 persen dari waktu tersebut, orang yang tidak memiliki pengetahuan sejarah tentang sebuah perusahaan tidak mendapatkan pekerjaan tersebut.

Dengan meneliti perusahaan secara menyeluruh, kamu akan jauh lebih siap untuk berbicara secara mendalam tentang misi dan arah organisasinya tanpa tersandung kata-kata. Gagal mempersiapkan wawancara dengan meneliti perusahaan adalah cara cepat untuk menjadi tidak siap selama wawancara.

2. Berlatihlah membuat kontak mata dengan pewawancara

Melakukan kontak mata, terutama saat kamu gugup, bisa jadi tidak nyaman. Inilah sebabnya mengapa banyak orang melihat ke bawah atau menjauh ketika mereka mencoba memikirkan hal berikutnya yang harus dikatakan dalam wawancara untuk kembali fokus.

Namun, beberapa orang yang mengalihkan pandangan sejenak untuk mengumpulkan pikiran, mereka lupa untuk kembali menjaga kontak mata dengan pewawancara. Kontak mata selama wawancara adalah keterampilan yang bisa dipelajari dengan sedikit latihan dan secara signifikan akan membantumu tampil lebih alami dalam wawancara.

3. Berlatih teknik pernapasan

Salah satu teknik yang lebih terkenal tetapi sulit untuk dikuasai adalah teknik pernapasan yang menenangkan jantung dan saraf sebelum dan selama wawancara. Dengan memperlambat detak jantung melalui manipulasi pernapasan, kamu bisa tampil lebih alami dalam wawancara dengan menghindari hiperventilasi yang datang dengan rasa gugup.

  • Tutup mulutmu dan tarik napas perlahan melalui hidung selama empat detik dengan stabil
  • Setelah napas penuh, tahan napas selama tujuh detik
  • Terakhir, buang napas perlahan dari mulutmu selama total delapan detik
  • Lakukan ini selama empat kali tarikan napas untuk mengurangi rasa gugup

4. Tersenyumlah dan enjoy

Kamu tahu betul bahwa dirimu akan  menjadi hebat dalam pekerjaan ini, jadi inilah waktunya untuk menunjukkannya. Persiapkan untuk wawancara kerja sebelumnya dengan mempelajari resumemu dan mengetahui bagaimana pengalamanmu akan membantumu sukses dalam posisi baru ini. Tersenyumlah saat memasuki ruangan dan saat menjawab pertanyaan.

5. Bersikaplah alami dengan mempersiapkan diri

Siapkan pertanyaan tiruan dan wawancarai karyawan lain di perusahaan untuk mengetahui apa yang diharapkan dalam wawancara mendatang. Jika kamu mengetahui jenis pertanyaan yang biasanya ditanyakan oleh manajer perekrutan, mewawancarai orang lain di perusahaan dapat dengan cepat mengungkap beberapa pertanyaan ini.

Bentuk struktur untuk menjawab jenis pertanyaan umum tertentu sehingga kamu dapat tampil jauh lebih alami saat dihadapkan pada masalah yang sudah dikenal.**(Feb)

Leave a Reply