Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, November 29, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Ini 3 Fase yang Harus Dihadapi Tenaga Kesehatan Setiap Hari

Ilustrasi

Topcareer.id – Dokter Kepala Instalasi Gawat Darurat, Gia Pratama Putra menceritakan 3 fase yang harus dihadapinya hampir setiap hari dalam menangani pasien COVID-19.

Di fase pertama, Ia harus meyakinkan pasien yang terinfeksi virus corona bahwa penyakit ini bisa dilalui dan mereka akan sembuh sesegera mungkin jika sistem imunitas tubuhnya bekerja dengan baik.

“Virus ini sebenarnya bisa kalah dengan daya tahan tubuh kita sendiri. Jadi biarkanlah bapak ibu, tidak usah fokus pada penyakitnya. Biarkan dokter-dokter kita yang fokus pada penyakitnya. Bapak ibu fokuslah menjaga diri dan kesehatan,” ujarnya secara virtual, pada Jumat (13/11/2020).

Selanjutnya di fase ke dua ini, ia akan menyemangati para pasien dan berperan sebagai keluarga pasien COVID-19. Hal ini dilakukan guna mengurangi kesedihan akibat peraturan isolasi yang tidak memungkinkan mereka bertemu dengan keluarga ataupun teman.

Kemudian adalah fase 3. Dimana fase ini bisa menjadi berita baik maupun buruk bagi tenaga kesehatan beserta pasien dan keluarga pasien itu sendiri.

“Di fase ketiga ini terdapat dua kemungkinan. Kemungkinan pertama, adalah kesembuhan pasien. Sementara kemungkinan kedua adalah hasil yang tidak diinginkan yakni, meninggalnya pasien COVID-19,” tutur Gia.

Oleh karena itu, ia meminta agar masyarakat semaksimal untuk bisa mencegah virus corona semakin menyebar. Salah satunya dengan selalu menerapkan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply