Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, December 5, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

5 Langkah Yang Harus Kamu Tempuh Sebelum Menjadi Kepala Chef

Topcareer.id – Dalam dunia kuliner, pilihan karier paling bergengsinya adalah bekerja sebagai kepala chef.

Posisi tersebut adalah yang tertinggi di dapur, dan dibutuhkan keterampilan yang luar biasa, kerja keras, serta banyak pelatihan yang tidak mudah untuk mencapai gelar itu.

Jika ingin menjadi kepala chef, kamu harus bersedia meluangkan waktu dan menyiapkan mental baja untuk menjalani langkah yang diperlukan menjadi kepala chef.

Baca Juga: Hitung-hitungan Gaji Chef di Indonesia, dari Terkecil sampai Terbesar

Berikut ini lima langkah yang harus kamu lalu dalam mempersiapkan dirimu sebagai kepala chef di masa depan.

1. Masuk sekolah kuliner

Memang tidak setiap kepala chef harus pernah masuk sekolah kuliner, tetapi ini bisa menjadi cara baik untuk mempersiapkannya. Calon kepala chef bisa mendapatkan gelar sarjana penuh dalam seni kuliner, atau mereka dapat mengambil sertifikasi yang lebih pendek dalam segala hal mulai dari keterampilan pisau hingga memanggang dan membuat kue. Mengikuti sekolah kuliner juga akan meningkatkan nilai resume kamu.

2. Magang di bawah chef yang hebat

Untuk menjadi kepala chef yang luar biasa, kamu perlu belajar dari yang terbaik. Banyak calon chef yang memulai petualangan kuliner mereka dengan memperoleh manfaat dari magang dengan koki eksekutif yang sudah ada. Dengan melihat dan mempelajari bagaimana mereka menjalankan dapur mereka, menyiapkan makanan, dan menangani keadaan yang super sibuk dan genting serta penuh amarah, kamu dapat mempelajari lebih lanjut tentang keunggulan di dapur profesional dan apa yang diperlukan untuk menjadi pemimpin yang sukses serta kepala chef yang berbakat.

3. Ciptakan kuliner kreatifmu sendiri

Hampir tidak mungkin untuk menjadi chef terbaik di setiap jenis bidang kuliner, jadi masuk akal untuk fokus pada area khusus di mana kamu merasa benar-benar suka dan bisa unggul. Meskipun mempelajari cara memasak berbagai macam makanan itu bagus, kamu bisa menonjol dari yang lain dengan menguasai satu bentuk seni tertentu. Cobalah untuk menciptalan kreasi kuliner kamu sendiri dalam bidang yang paling kamu minati dan kuasai.

4. Cicipi banyak hal baru

Salah satu kesamaan yang dimiliki semua chef hebat adalah kecintaannya pada makanan. Selain memasak banyak makanan lezat, pastikan kamu juga mencicipi makanan sebanyak mungkin. Jika memungkinkan kamu bisa ingin berkeliling kota dan daerah di dalam negeri ataupun dunia untuk mencicipi kuliner asli dari suatu tempat. Kamu juga harus banyak mengunjungi pasar petani untuk produk segar. Mencicipi berbagai macam bahan, rasa, dan hidangan yang dimasak dapat memperluas selera kamu dan membantumu memasak makanan terbaik.

5. Baca sebanyak mungkin ilmu tentang masakan

Kepala chef sering kali memiliki bakat bawaan di dapur, tetapi mereka juga perlu memiliki keinginan untuk mempelajari lebih lanjut tentang bidang mereka. Membaca blog memasak, review restoran, dan majalah kuliner bisa jadi cara cerdas untuk tetap mengikuti dunia haute cuisine.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply