Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, December 5, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cara Melindungi Bayi dan Balita dari Virus Corona

Newborn with Father

Topcareer.id – Dengan pembatasan yang dilonggarkan, memakai masker di tempat umum kini menjadi penting dan wajib bagi setiap orang.

Tetapi anak-anak yang bisa memakai masker harus berusia di atas 2 tahun. Jadi, orang tua mungkin bertanya-tanya bagaimana mereka dapat membantu melindungi bayi mereka.

Virus corona dapat menyebar saat orang bernapas, berbicara, batuk, atau bersin. Ketika seseorang memakai masker tentunya itu dapat mencegah virus menyebar ke orang lain. Hal ini berlaku bahkan bagi orang yang merasa baik-baik saja dan tidak memiliki gejala.

Baca Juga: Tips Ibu Hamil dan Menyusui Agar Terhindar Virus Corona

Mengapa bayi tidak harus memakai masker?

  • Mereka memiliki saluran udara yang lebih kecil, jadi bernapas melalui masker lebih sulit bagi mereka.
  • Saat mereka sulit bernapas, mereka tidak dapat memberi tahu siapa pun atau melepas masker sendiri, mereka dapat mati lemas.
  • Beberapa masker buatan sendiri mungkin memiliki bagian yang dapat membuat bayi tersedak, seperti tali atau karet gelang.
  • Mereka kemungkinan akan mencoba melepas masker, ini menyebabkan mereka banyak menyentuh wajah mereka dan dapat meningkatkan risiko tertular dan menyebarkan virus.

Bisakah bayi dan balita tertular virus corona?
Sementara sebagian besar infeksi COVID-19 telah didiagnosis pada orang dewasa, anak-anak juga dapat terinfeksi. Namun, pada anak-anak, virus hanya menyebabkan penyakit ringan, dan seringkali tidak menimbulkan gejala sama sekali.

Tetapi tetaplah menjadi hal penting untuk melindungi bayi kamu dengan cara lain.

Kamu dapat melindungi si kecil dengan menghindari kerumunan besar dan menjaga jarak aman (setidaknya 2 meter) dari orang lain yang tidak dikenal saat keluar rumah.

Di rumah dan di tempat umum, lakukan semua yang kamu bisa untuk membantu menghentikan penyebaran virus kepada bayi kamu:

  • Jauhi orang yang sedang sakit.
  • Cuci tangan dengan baik dan sering, dan ingatkan orang lain di rumah untuk melakukan hal yang sama.
  • Bersihkan permukaan dan benda yang sering disentuh orang (seperti gagang pintu, meja dapur, dan ponsel).
  • Cobalah untuk tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut.
  • Bersin atau batuk ditutup dengan siku, bukan tangan kamu, meskipun kamu sedang memakai masker.
  • Pakai masker di rumah jika sedang sakit.
  • Jika kamu membawa anak kamu keluar dengan gendongan bayi, kamu bisa meletakkan selimut di atas gendongan saat masih dalam pandanganmu. Pastikan selimut tidak menutupi wajah bayi. Bersihkan tas atau kereta dorong saat sampai di rumah.**(RW)
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply