Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, December 5, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips Lawan Insomnia selama Pandemi

Ilustrasi (Dok. New York Post)

Topcareer.id – Mengalami insomnia ketika kamu harus berada di rumah karena pandemi adalah sesuatu yang berat untuk dilalui. Banyak orang yang merasa hari-hari mereka terasa lebih lama dan sulit saat mengalami masalah ini.

Oleh karena itu, ada baiknya bagi kamu untuk mulai berjuang mengatasi masalah ini. Dan berikut adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk memulainya, seperti dikutip dari NY Times, Sabtu (20/11/2020).

1. Tinggalkan tempat tidur
Ya, kamu enggak salah dengar. Pakailah tempat tidur untuk beristirahat. Di luar itu, cobalah untuk melakukan kegiatanmu di luar kamar, contohnya seperti bekerja, berolahraga, atau beraktivitas sehari-hari. Meskipun saat ini kamu sedang WFH.

Dengan begini, kamu akan memisahkan antara kegiatan tidur dengan kegiatan sehari-hari, dan ini akan menjadi awal yang baik untuk memulai ulang pola tidurmu. Kedepannya, saat kamu masuk kamar, kamu bisa berkomitmen 100% untuk tidur.

2. Tentukan waktu tidur yang paling nyaman
Terburu-buru masuk kamar saat kamu belum mengantuk hanya akan memicu kamu untuk melakukan hal-hal lain yang nantinya akan membuatmu terjaga hingga larut malam.

Jadi daripada melakukan itu, lebih baik manfaatkan waktu kamu untuk relaksasi, mandi air hangat, mendengarkan musik yang nyaman, dan sebagainya. Nanti, begitu rasa kantuk sudah mulai datang, itulah saatnya untuk masuk kamar.

3. Matikan gadget
Ya, komitmen 100% untuk tidur termasuk dengan menonaktifkan gadget kamu. Mulai dari laptop, hingga ponsel. Layar keduanya bisa memancingmu untuk mengecek sesuatu, yang secara tidak sadar akan mengusir kantukmu. Jadi, di jam tidur yang telah kamu tentukan. Matikanlah perangkat gadgetmu, lalu bersantai hingga ngantuk, dan kemudian pergi tidur. Menyenangkan bukan?

4. Hindari alkohol
Jika kamu ingin tidur nyenyak, godaan alkohol adalah sesuatu yang harus kamu tolak. Kandungan alkohol memang terkadang membuatmu ngantuk, namun, ia juga memiliki efek sebaliknya, yang akan membuatmu terbangun di tengah malam, dan terjaga hingga waktu yang lama. Jadi, jangan ambil risiko.

5. Minta bantuan
Yang terakhir, jangan ragu untuk meminta bantuan ahli ketika kamu masih kesulitan untuk tidur. Jangan menunda-nunda hal ini, karena semakin lama kamu sulit tidur, maka efeknya akan semakin terasa pada tubuh kamu. Terutama di saat seperti ini di mana imun adalah sebuah senjata yang harus kita miliki untuk melawan virus.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply