Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, November 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Enam Perilaku Saat Meeting Zoom yang Mengganggu dan Merusak Karier

Topcareer.id – Setiap orang kini mungkin terbiasa dengan meeting via Zoom atau perangkat video conference lainnya karena kondisi pandemi. Banyak dari kita juga mungkin telah menjumpai perilaku yang mengganggu atau tidak pantas dari rekan kerja selama meeting video.

Jika kamu ingin tetap memiliki posisi yang baik dengan pekerjaan atau klienmu, berikut adalah enam hal yang tidak boleh kamu lakukan saat meeting video. Beberapa perilaku di antaranya bahkan tak bisa dimaafkan, seperti dilansir dari laman The Ladders.

1. Mengetik atau membiarkan suara berisik tanpa ‘muting’ diri sendiri

Kamu mungkin paham yang satu ini. Rekan kerja yang lupa mematikan suara mikrofon saat mereka mengetik di keyboard, anak-anak yang berteriak di latar belakang, atau sedang berbicara dengan seseorang. Ini tidak hanya kasar, tetapi juga akan membuatmu terlihat buruk, terutama dalam rapat besar.

Baca Juga: Lima Kalimat Ajaib yang Membuatmu Otomatis Disukai Saat Meeting Video

Tentu saja, ada beberapa tingkat pemahaman karena setiap orang terus menyesuaikan diri dengan “normal” yang baru. Tapi, ingatlah untuk menonaktifkan mikrofonmu.

2. Makan, minum, atau merokok

Luangkan waktu untuk makan atau minum sebelum atau sesudah pertemuan yang dijadwalkan. Ada dinamika yang berbeda pada video call dengan saat kamu bekerja di kantor, karena layar berfokus pada wajahmu.

Jika kamu memang terlalu sibuk untuk mempersiapkan sebelumnya, bersikaplah sopan, dan tanyakan apakah ada orang dalam rapat yang keberatan jika kamu makan siang mengingat situasimu.

3. Memeriksa ponsel atau aplikasi lain di komputer

Salah satu hal terburuk yang dapat kamu lakukan di meeting Zoom adalah menunjukkan bahwa kamu tidak memperhatikan. Jika kamu ada di video, kolega dan atasan dapat melihatmu.

Jangan melihat ponsel atau melihat aplikasi lain di komputer. Ini benar-benar terlihat dalam rapat yang lebih kecil, dan juga dalam rapat yang lebih besar, cukup matikan kamera jika kamu perlu melakukan banyak tugas.

4. Pergi tanpa pemberitahuan

Kamu akan membingungkan orang lain dalam rapat jika secara acak bangun dan pergi meninggalkan kamera. Cobalah untuk menghindari ini jika memungkinkan. Namun, jika perlu, tinggalkan catatan di obrolan rapat yang menjelaskan mengapa kamu menghilang. Dalam kasus ini, kamu dapat membiarkan kamera menyala atau mematikannya untuk sementara.

5. Menyesuaikan kamera

Baiknya, kamu menguji sudut kamera sebelum rapat terjadwal dan menghindari mengotak-atiknya saat berada di tengah rapat. Setelah kamu mendapatkan angle yang diinginkan, gunakan lokasi ini untuk semua rapat videomu untuk menghindari tampilan kamera yang aneh. Pastikan kamera sejajar mata atau mengarah ke bawah, dan gambarnya jelas.

6. Menavigasi masalah teknologi

Tidak ada yang lebih buruk daripada saat kamu mengalami masalah teknologi selama meeting. Itu memalukan bagimu dan mengganggu orang di ujung sana. Ini bisa membuang waktu atasan atau kolega dengan masalah teknologi.

Itulah mengapa penting bagimu untuk menguji kamera, mikrofon, dan perangkat lunak sekitar tiga puluh menit sebelum mengadakan rapat. Kamu bahkan dapat melakukan uji coba dengan rekan kerja atau teman dan keluarga untuk memastikan semuanya berjalan lancar.**(RW)

Leave a Reply