Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, January 24, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Ini Keunggulan Vaksin Dibandingkan Upaya Pencegahan Lainnya

Foto Ilustrasi vaksin covid-19

Topcareer.id – Di tengah pandemi ini, banyak masyarakat yang meragukan manfaat dan keamanan dari vaksin. Padahal kemampuan vaksin untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit tertentu seperti Covid-19, membuatnya menjadi alat yang paling efektif untuk mencegah penularan.

“Keliru apabila ada anggapan vaksin itu tidak ada gunanya. Karena vaksin sifatnya melatih sistem kekebalan tubuh agar mampu memproduksi antibodi,” ujar vaksinolog sekaligus dokter spesialis penyakit dalam, dr. Dirga Sakti Rambe dalam dialog yang diselenggarkan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Senin (23/11/2020).

Selain itu, dr. Dirga juga menyebutkan bahwa vaksin mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki upaya pencegahan yang lain, yaitu vaksin dapat memberikan perlindungan yang sifatnya spesifik.

“Oleh karena itulah banyak dokter dan ahli yang menyatakan bahwa vaksin efektif sebagai alat mencegah penularan Covid-19, selain tentunya terus disiplin Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak aman (3M),” jelasnya.

Sebagai tambahan, dokter yang sekaligus penyintas Covid-19, dr. Twindy Rarasati mengimbau masyarakat untuk terus mencari dan mengikuti informasi terbaru mengenai protokol kesehatan dan vaksin.

“Masyarakat saat itu juga belum sepenuhnya memahami penyakit ini seperti saat ini. Protokol Kesehatan dan tanggung jawab diri yang tinggi tetap harus kita lakukan untuk bisa keluar dari pandemi ini. Perbarui ilmu dan informasi ini terus menerus, karena dinamikanya cepat, apalagi nanti saat vaksin sudah ditemukan,” tutur dr. Twindy pada kesempatan yang sama.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia tengah menunggu hasil uji klinis vaksin Sinovac sembari menunggu perkembangan vaksin buatan karya bangsa yaitu vaksin Merah Putih yang diperkirakan dapat selesai pada tahun 2021 mendatang.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply