Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, April 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Saran WHO dalam Melakukan Aktivitas Fisik Selama Pandemi untuk Semua Umur

Topcareer.id – Pandemi COVID-19 memaksa kita untuk tinggal di rumah dan duduk lebih sering dari biasanya. Sulit bagi kita untuk melakukan aktivitas olahraga seperti biasanya. Tapi, di masa pandemi ini justru aktivitas fisik seperti olahraga menjadi sangat penting.

“Ingat, istirahat sejenak dari duduk, dengan melakukan gerakan fisik dengan intensitas ringan selama 3-4 menit, seperti jalan kaki atau peregangan, akan membantu melemaskan otot dan memperlancar peredaran darah serta aktivitas otot,” kata WHO dalam laman resminya.

Baca Juga: Pentingnya Lansia Tetap Olahraga saat Pandemi

WHO memberikan panduan berapa banyak aktivitas fisik yang perlu dilakukan di masa pandemi ini untuk beberapa kategori umur, dari balita hingga dewasa berumur lebih dari 18 tahun.

1. Bayi di bawah usia 1 tahun

– Semua bayi harus aktif secara fisik beberapa kali sehari.

– Bagi mereka yang belum bisa berjalan atau bergerak banyak, setidaknya olahraga 30 menit dalam posisi tengkurap (tummy time) sebagai permainan di lantai, sepanjang hari saat terjaga.

2. Anak di bawah usia 5 tahun

– Semua anak kecil harus menghabiskan setidaknya 180 menit sehari dalam berbagai jenis aktivitas fisik dengan intensitas apa pun.

– Anak-anak berusia 3-4 tahun harus menghabiskan setidaknya 60 menit dari waktu ini dalam aktivitas fisik dengan intensitas sedang hingga kuat.

3. Anak-anak dan remaja berusia 5-17 tahun

–  Semua anak dan remaja harus melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang hingga kuat setidaknya 60 menit sehari.

– Ini harus mencakup aktivitas yang memperkuat otot dan tulang, setidaknya 3 hari seminggu

“Melakukan aktivitas fisik lebih dari 60 menit setiap hari akan memberikan manfaat kesehatan tambahan,” sebut WHO.

4. Dewasa berusia di atas 18 tahun

– Semua orang dewasa harus melakukan setidaknya 150 menit aktivitas fisik intensitas sedang sepanjang minggu, atau setidaknya 75 menit aktivitas fisik dengan intensitas tinggi sepanjang minggu.

– Untuk manfaat kesehatan tambahan, orang dewasa harus meningkatkan aktivitas fisik intensitas sedang menjadi 300 menit per minggu, atau setara.

– Untuk mengembangkan dan memelihara kesehatan muskuloskeletal, aktivitas penguatan otot yang melibatkan kelompok otot utama harus dilakukan dalam 2 hari atau lebih dalam seminggu

“Selain itu, lansia dengan mobilitas buruk harus melakukan aktivitas fisik untuk meningkatkan keseimbangan dan mencegah jatuh pada 3 hari atau lebih per minggu.”**(RW)

Tinggalkan Balasan