Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, January 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Jika Terapkan Protokol Kesehatan dengan Ketat, Negara Bisa Hemat Rp 500 Triliun

Ilustrasi. Dok/Pixabay

Topcareer.id – Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, Prof. Hasbullah Thabrany mengatakan kita bisa menghemat hingga Rp 500 triliun jika semua masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak aman), dan pemerintah aktif menjalankan 3T (Tracing, Testing, Treatment).

Menurutnya penghematan ini bersumber pada pengeluaran pemerintah maupun pribadi untuk perawatan pasien yang diduga atau sudah terinfeksi virus corona.

“Saat ini pemerintah memang menanggung biaya rumah sakit melalui anggaran Kementerian Kesehatan. Saya kira kalau dirawat lebih dari 30 hari apalagi harus masuk ICU yang biayanya bisa sehari Rp 15 juta per hari, pengeluarannya bisa lebih dari seratus juta,” jelasnya di Jakarta, Kamis (26/11/2020).

Ditambah lagi jika saat dirawat, kita menjadi tidak produktif dan tentunya bisa kehilangan banyak pendapatan per harinya.

Oleh karena itu, Prof. Hasbullah Thabrany menegaskan, cara terbaik agar masyarakat dan negara tidak merugi lebih besar lagi adalah dengan mencegah agar tidak terkena Covid-19.

“Jadi, disiplinlah menjalani protokol kesehatan 3M. Ingat, mencegah penularan seperti menjaga diri dan orang lain di sekitar kita agar tidak tertular Covid-19 sama derajatnya dengan melakukan ibadah,” pungkasnya.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply