Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juni 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Catat, Vaksin hanya Diberikan kepada Orang yang Sehat

Ilustrasi. Dok/Covid-19

Topcareer.id – Salah satu Vaksinolog, dr. Dirga Sakti Rambe mengungkapkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi bagi masyarakat yang akan diimunisasi vaksin Covid-19.

“Nanti dokter atau tenaga kesehatan yang menjadi petugas pasti akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Untuk vaksin Covid-19 sendiri diberikan kepada dewasa dengan rentang usia 18-59 tahun,” ujar dr, Dirga dalam Dialog Produktif bertema ‘Setelah Vaksin Datang, Apa yang Perlu Disiapkan?’ Senin (30/11/2020).

Selain itu, yang tidak kalah penting adalah masyarakat yang akan mendapatkan vaksinasi ini nantinya adalah orang yang dalam kondisi sehat.

“Yang penting pada hari tersebut kita merasa sehat secara umum,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, dr. Dirga juga mengimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir dengan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI). Karena biasanya vaksin dapat berdampak ringan bagi sebagian orang dan dipastikan dapat segera sembuh dalam waktu satu hingga dua hari setelah penyuntikan.

“Yang perlu masyarakat ketahui, manfaat vaksinasi itu jauh lebih besar dari efek sampingnya. KIPI itu mayoritas bersifat ringan seperti bengkak kemerahan di bekas suntikan, kemudian ada demam sebagai tanda vaksinnya bekerja,” ungkapnya.

Meskipun nantinya sudah melakukan vaksinisasi, masyarakat pun tetap diminta untuk terus menerapkan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak aman.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan