Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Juni 24, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Catat! Sering Mencuci tangan Tidak Mengganggu Sistem Imun Kamu

Ilustrasi. (dok. NBC News)

Topcareer.id – Menjaga kebersihan di masa pandemi seperti ini tentu sudah menjadi kewajiban. Penerapan disiplin untuk memakai masker, jaga jarak, dan sering cuci tangan pun dinilai menjadi salah satu pertahanan terdepan melawan virus corona.

Namun, sempat ada anggapan jika menerapkan gaya hidup yang terlalu bersih justru akan menurunkan sistem imun kita. Lalu, benarkah demikian?

Ternyata, anggapan itu hanya mitos belaka. Ahli Alergi dan Imunologi, James Fernandez, MD, PhD menyebut bahwa sejauh ini tidak ada bukti ilmiah yang membenarkan hal itu.

“Untuk orang dewasa, dalam rentang waktu ini yang kita bicarakan, dan tindakan kebersihan yang kita lakukan, menurut saya tidak ada banyak risiko klinis pada sistem kekebalan kita,” katanya.

Seperti dikutip dari clevelandclinic.org, penelitian justru telah berulang kali menunjukkan bahwa menjaga kebersihan tangan adalah salah satu pertahanan dan cara terbaik yang kita punya saat ini, untuk mengurangi penyebaran penyakit menular yang berbahaya.

Dan kesimpulan besarnya, tidak ada bukti bahwa sering mencuci dan membersihkan tangan akan mengurangi fungsi kekebalan tubuh kamu.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan