Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juni 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Pilihan Masker yang Tepat untuk Anak-Anak, sesuai Rekomendasi WHO

Ilustrasi. Marcus Cola/Pixabay

Topcareer.id – Masker kain merupakan masker yang paling sering direkomendasikan bagi siapapun, untuk mencegah penularan COVID-19. Sementara masker bedah ditujukan bagi mereka yang sudah terinfeksi COVID-19. Kemudian untuk anak-anak dengan kategori sehat, dianjurkan memakai masker kain.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Indonesia dalam laman tanya jawabnya mengatakan anak-anak yang secara umum sehat, dapat memakai masker nonmedis atau kain.

Menurut WHO, Masker jenis ini memberikan pengendalian sumber, yang berarti masker menghalangi penyebaran virus kepada orang lain jika pemakainya memang terinfeksi virus tetapi tidak menyadarinya.

“Orang dewasa yang menyediakan masker ini harus memastikan bahwa masker kain memiliki ukuran yang tepat serta cukup menutup hidung, mulut, dan dagu anak,” sebut WHO.

Sementara itu, anak-anak dengan kondisi kesehatan penyerta seperti fibrosis kistik, kanker, atau imunosupresi sebaiknya, sesuai konsultasi dengan penyedia layanan medisnya, memakai masker medis.

“Masker medis mengendalikan penyebaran virus dan perlindungan bagi pemakainya, serta disarankan bagi setiap orang yang lebih berisiko mengalami penyakit COVID-19 parah.”

Saran WHO, anak-anak perlu mengikuti prinsip-prinsip pemakaian masker yang sama dengan orang dewasa, termasuk membersihkan tangan selama minimal 20 detik dengan pembersih tangan berbahan dasar alkohol atau minimal 40 detik dengan sabun dan air bersih mengalir sebelum mengenakan masker.

Anak-anak perlu diajari cara memakai masker yang tepat, seperti tidak menyentuh bagian depan masker dan tidak menarik masker ke bawah dagu atau ke dalam mulut.

“Anak-anak perlu menyimpan masker dalam kantong atau wadah, dan masker anak tersebut tidak boleh digunakan juga oleh orang lain,” tegasnya.**(Feb)

Tinggalkan Balasan