Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, January 25, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Rotasi Karyawan, Positif atau Negatif?

Ilustrasi. Sumber foto: bcjobs.caIlustrasi. Sumber foto: bcjobs.ca

Topcareer.id – Pernah dengar istilah rotasi karyawan? Ya, beberapa perusahaan kerap kali menukar pekerjaan karyawan, namun masih dalam perusahaan atau divisi yang sama untuk suatu tujuan tertentu.

Umumnya, rotasi ini dilakukan untuk mengembangkan keterampilan dari karyawan itu sendiri. Tetapi buat karyawan yang telah berada di posisi tersebut dalam waktu yang cukup lama, hal ini bisa menjadi ketakutan tersendiri.

Alasannya sudah dalam kondisi nyaman ataupun malas beradaptasi dengan tugas dan lingkungan yang baru.

Lalu, apakah rotasi ini postif atau justru negatif?

Di sisi pekerja, dengan adanya tugas baru, maka keterampilan mereka pun akan bertambah dan berkembang. Ini juga bisa menjadi waktu untuk para pekerja mencari jenis pekerjaan yang memang cocok dengan diri mereka.

Selain itu, rotasi juga bisa membuat para pekerja me-refresh pikiran mereka karena sudah terlalu lama atau bosan dengan pekerjaan yang sebelumnya. Ditambah lagi, ruang lingkup pertemanan pun akan semakin luas.

Sayangnya, rotasi ini juga kerap kali berdampak negatif bagi sebagian pekerja. Banyak dari mereka yang merasa menyia-nyiakan waktu karena ada rotasinya ini.

Belum lagi dengan permasalahan baru yang timbul dan sulit untuk diselesaikan. Hal ini justru membuat performa karyawan semakin menurun.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply