Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, January 22, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Daftar Pertanyaan Baru yang Diajukan dalam Wawancara Kerja Saat Ini (Bagian 2)

Topcareer.id – Sudah kurang lebih sembilan bulan Indonesia diserang pandemic COVID-19. Sudah sebagian dari perusahaan membuka kembali kantornya. Beberapa juga ada yang mulai melakukan perekrutan kecil-kecilan. Kamu yang hendak wawancara, pelajari beberapa pertanyaan yang sedikit berubah.

Dengan pekerjaan jarak jauh menjadi norma baru dan begitu banyak ketidakpastian, manajer perekrutan memiliki daftar hal baru yang perlu dipertimbangkan. Untuk membantu mempersiapkan diri, berikut daftar lima pertanyaan pada wawancara kerja berikutnya, menurut Ladders.

4. Bagaimana perasaanmu akhirnya kembali ke kantor?

Yang ini penting. Sementara pekerjaan jarak jauh tampaknya bertahan untuk beberapa perusahaan, yang lain masih merencanakan untuk kembali normal. Jika kamu tidak nyaman dengan gagasan itu, jujurlah! Keamananmu, bersama dengan keluarga dan teman, adalah yang terpenting.

Career Contessa merekomendasikan untuk berfokus pada narasi positif jika memang demikian. Jelaskan bagaimana kamu merasa dapat menjadi produktif dan tawarkan perusahaan sebanyak (jika tidak lebih) saat bekerja dari rumah.

Jika kamu ingin memastikan bahwa kamu tidak akan kembali ke kantor sama sekali, kamu harus mencari posisi terbuka yang terdaftar secara ketat sebagai pekerjaan jarak jauh. Namun, jika kamu terbuka untuk kembali ke kantor pada akhirnya, pastikan kamu mengetahui kapan waktu yang aman untukmu dan bagaimana kamu akan menanganinya.

5. Bagaimana kamu menjaga hubungan kolega yang sehat dari jarak jauh?

Kamu mungkin tidak berpikir yang satu ini sama pentingnya, tetapi banyak manajer perekrutan masih mencari kesesuaian budaya yang baik, meskipun pekerjaannya jauh. Terutama jika ada kemungkinan kamu akan kembali ke kantor, calon pemberi kerja ingin tahu bahwa kamu dapat bekerja dengan baik dalam tim dan membina hubungan.

Glassdoor mengatakan pertanyaan ini adalah cara yang baik bagi manajer untuk menilai apakah kandidat memiliki kecerdasan emosional yang berkembang dengan baik. Bergantung pada peran yang diwawancarai, pentingnya hal ini dapat bervariasi.

Ini juga merupakan kesempatan yang baik untuk mendiskusikan gaya komunikasimu – terutama dalam kaitannya dengan kolaborasi jarak jauh. Apakah kamu lebih suka menangani sebagian besar komunikasi melalui email atau aplikasi perpesanan, seperti Slack? Atau apakah kamu tipe orang yang lebih suka melakukan panggilan Zoom dan membicarakan berbagai hal?

Leave a Reply