Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juni 23, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Survei BI: Keyakinan Konsumen Membaik pada November 2020

BI sebut optimisme konsumen pada Mei meningkat.Bank Indonesia. Dok/XunBao

Topcareer.id – Berdasar Survei Konsumen Bank Indonesia November 2020, menunjukkan bahwa keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi membaik. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) November 2020 sebesar 92,0, meningkat dibandingkan 79,0 pada bulan sebelumnya.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan,k eyakinan konsumen terpantau menguat di seluruh kategori tingkat pengeluaran dan kelompok usia responden.

“Secara spasial, keyakinan konsumen membaik di 17 kota, tertinggi terjadi di kota Pontianak, diikuti oleh Samarinda, dan Bandar Lampung,” kata Erwin dalam keterangan tertulis, Selasa (8/12/2020).

Baca juga: Meski Jarang, WHO Peringatkan Infeksi Ulang COVID-19 Bisa Saja Terjadi

Perbaikan keyakinan konsumen pada November 2020 didorong oleh ekspektasi konsumen yang membaik terhadap kondisi ekonomi ke depan, yaitu peningkatan ekspansi kegiatan usaha serta kenaikan penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja pada 6 bulan mendatang.

Sementara itu, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini juga membaik meski masih berada pada area kontraksi, terutama disebabkan oleh persepsi yang menguat terhadap penghasilan dan ketersediaan tenaga kerja.

Tinggalkan Balasan