Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, January 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Suka Linglung dan Kurang Fokus? Hati-Hati, Mungkin Itu Gejala Covid-19

Ilustrasi. (dok. Halunen Law)

Topcareer.id – Selain batuk, flu, demam, dan hilangnya indra pencium, ternyata dua penelitian baru mengungkapkan adanya gejala lain yang ditemukan pada pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, terutama yang berusia lanjut.

Seperti dikutip dari Metro tv news, Senin (14/12/2020), gejala baru ini dikemukakan oleh riset Tim Peneliti Universitas Oberta De Catalunya. Dimana mereka mengklaim bahwa beberapa pasien covid-19 mengalami delirium.

Bagi yang belum familiar, delirium ini adalah gangguan pada kemampuan mental yang menyebabkan kebingungan dan kurangnya kesadaran akan lingkungan sekitar.

Biasanya delirium ini ditandai dengan daya ingat menurun, sulit fokus, sulit bicara, halusinasi, mudah tersinggung, sering gelisah, kebiasaan tidur yang berubah hingga perasaan yang mudah berubah secara mendadak.

Dokter Spesialis Kejiwaan, dr. Andri mengatakan penyakit delarium ini biasanya ditemukan pada seseorang yang mengalami infeksi otak atau disebabkan karena beberapa penyakit seperti malaria ataupun gangguan yang berkaitan dengan otak.

“Kalau kita melihat di dalam kehidupan dokter sehari-hari, sering kali kita temukan itu pasien-pasien yang mengalami delarium. Permasalahan ini pun bisa terjadi pada banyak penyakit, mungkin salah satunya termasuk Covid ini,” ujarnya.

Meskipun begitu, dr. Andri mengatakan perlunya penelitian lebih lanjut mengenai delarium sebagai salah satu gejala dari pasien Covid-19.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply