Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, January 25, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Gencar Lakukan 3T, Mobile Lab BSL-2 Varian Bus Resmi Diluncurkan

Dok/BNPB

Topcareer.id – Pemerintah resmi meluncurkan mobile laboratorium Biosafety Level 2 atau BSL-2 varian bus untuk membantu proses 3T (tracing, testing, dan treatment) di beberapa daerah agar rantai penyebaran Covid-19 dapat segera diatasi.

“Kehadiran mobile lab BSL-2 sebagai salah satu hasil inovasi dari Peneliti dan Perekayasa BPPT itu juga dapat membantu peningkatan kapasitas uji sampel spesimen Covid-19 di daerah sehingga prosesnya dapat lebih dipercepat, dipersingkat dan lebih akurat,” kata Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (16/12/2020).

Mobile lab BSL-2 varian bus ini pun digadang-gadang memiliki beberapa kelebihan dibanding generasi mobile lab sebelumnya, seperti dibangun dengan platform bus untuk memperkuat konsep mobilitas, dan ditambahkannya fasilitas untuk ekstraksi RNA, sehingga dapat menggunakan reagen yang lebih bervariasi untuk menjaga keberlanjutan pengujian.

Selain itu, guna meningkatkan akurasi data dan keamanan personil penguji, layout peralatan di mobile lab ini pun juga dikembangkan.

Terakhir, terdapat penyempurnaan pada sistem mekanik pintu yang dapat dibuka tutup secara touchless, untuk menghindari adanya kontaminasi.

Dalam peluncurannya, mobile lab BSL-2 varian bus ini akan melakukan roadshow ke Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta, Dinas Kesehatan Denpasar di Bali, dan Ponpes Darul Ulum Jombang di Jawa Timur untuk membantu pengujian sampel Covid-19, dan direncanakan kembali ke BPPT pada tanggal 29 Desember 2020.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply