Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Pandemi Jadi Kata Paling Popular Di Tahun 2020

Covid-19

Topcareer.id – Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menetapkan ‘pandemi’ menjadi kata paling populer tahun ini.

Pemilihan kata ini berdasarkan pada beberapa pertimbangan seperti daftar kata terpopuler menurut KBBI, kemunculan di Google Trends, penanda berbagai peristiwa, penggunaan kata dalam berbagai kalangan, dan keluasan distribusi bidang.

“Kata pandemi merupakan kata yang tepat untuk dijadikan sebagai Kata Tahun Ini (KTI) 2020, baik dari segi popularitas, penggunaan, maupun distribusinya. Kata ini memiliki popularitas yang relatif tinggi sepanjang tahun 2020 dengan distribusi penggunaan di berbagai daerah, bidang ilmu, dan pemangku kepentingan yang luas,” kata Kepala Badan Bahasa, Endang Aminudin Aziz, Kamis (17/12/2020).

Lebih lanjut Endang mengatakan, sebagai KTI, kata pandemi ini juga berpotensi untuk tetap bertahan digunakan karena mencerminkan kondisi global sepanjang tahun 2020 hingga waktu yang belum dapat ditentukan, banyaknya artikel jurnal dan berita terkait pandemi serta pandemi ini menjadi alasan penetapan berbagai kebijakan yang berdampak pada perekonomian, pariwisata, jam kerja, izin usaha, dan sistem pembelajaran.

Sebelumnya diketahui, selain pandemi, Badan Bahasa juga memilih beberapa kandidat kata lainnya sebagai KTI 2020. Salah satunya yakni ‘daring,’ dimana daring juga merupakan kata yang paling sering disebut pada tahun ini. Sayangnya kata ‘daring’ sudah terkenal dari 2019 dan dianggap kurang menggambarkan keadaan tahun ini.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply